Advertisement

Tanjung Adikarto Kulonprogo Bakal Jadi Pusat Perbenihan Biota Laut? Sekda DIY: Dalam Proses Pengkajian

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 16 Juli 2023 - 15:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Tanjung Adikarto Kulonprogo Bakal Jadi Pusat Perbenihan Biota Laut? Sekda DIY: Dalam Proses Pengkajian Pelabuhan Tanjung Adikarto. - dok.Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Proses pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto di Kulonprogo sempat mangkrak beberapa tahun. Untuk mengoptimalkan aset tersebut, Pemda DIY akan mengalihfungsikan pelabuhan itu menjadi pusat perbenihan ikan. 

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Beny Suharsono menyampaikan rencana tersebut sudah mulai dilakukan dengan melakukan kajian pemanfaatan Pelabuhan Tanjung Adikarto untuk pusat perbenihan ikan. Namun demikian, hingga kini hasil kajian masih belum keluar. 

Advertisement

BACA JUGA: Potensi Pemasukan Pelabuhan Tanjung Adikarto Rp574 Miliar Per Tahun, Tapi...

Menurut Beny, terdapat dua kementerian yang mengkaji rencara tersebut. Untuk aspek sungai dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Serayu Opak di bawah Kementerian PUPR sementara terkait laut dilakukan oleh Kementerian Kelautan.

"Kementerian terkait sudah melakukan peninjauan dan saat ini sedang dikaji [pemanfaatan Tanjung Adikarto]. Pemanfaatannya nanti melalui kajian yang lebih dalam, untuk melihat kadar garamnya seperti apa, sedimentasinya seperti apa, jenis ikannya apa,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Minggu (16/7/2023).

Beny belum dapat memastikan apakah hasil kajian akan rampung tahun ini. Pemda DIY telah melakukan akselerasi terkait kajian pemanfaatan Tanjung Adikarto oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY dengan beberapa para ahli terkait kajian tersebut. Dia berharap rencana Pemda DIY tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas. 

“Daripada berhenti sama sekali, kan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang lain, untuk kemanfaatan masyarakat sekitarnya lebih bermanfaat bagi masyarakat yang lebih luas. Lalu dilakukan kajian, kita kan harus mengambil langkah,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur DIY Sri Sultan HB menyampaikan pemanfaatan Tanjung Adikarto rencananya akan dialihfungsikan menjadi pusat berbenihan. "Itu studinya belum selesai daripada mangkrak mau kita usahakan untuk perbenihan,” katanya. 

Rencana Pemda DIY untuk memanfaatkan Tanjung Adikarto sebagai pusat perbenihan hingga kini masih menunggu kajian terkait pemanfaatannya. "Jadi diisi itu [untuk pembenihan ikan]. Kalau memang perlu dikeruk ya dikeruk dulu. Ini kan baru dihitung. Kan untung, bandeng atau untuk udang kan bisa, daripada tidak ada,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kaesang Tak Sengaja Bertemu Ketum Perindo Hary Tanoe

News
| Rabu, 27 September 2023, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement