Advertisement

Cegah Degradasi Lahan Pertanian, Setiap Kapanewon Diminta Memiliki RDTR

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 20 Agustus 2023 - 19:07 WIB
Sunartono
Cegah Degradasi Lahan Pertanian, Setiap Kapanewon Diminta Memiliki RDTR Tata ruang / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penurunan lahan pertanian di DIY setiap tahunnya cukup tinggi. Pemda DIY mendorong agar tiap kapanewon memiliki Rencana Detail Tata Ruang Kapanewon [RDTRK] untuk mengantisipasi degradasi lahan pertanian. 

Plt Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY, Tri Saktiyana menyampaikan setiap tahunnya penurunan lahan pertanian di DIY cukup tinggi. Berdasarkan catatan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY peda Maret 2023 lalu, setiap tahunnya degradasi lahan pertanian di DIY mencapai 150 hektar. 

Advertisement

BACA JUGA : Hebat! RDTR Kawasan Sekitar YIA Terintegrasi dengan OSS, Ini Kelebihannya

Pemda DIY mendorong agar setiap kapanewon memiliki RDTK untuk mengantisipasi degradasi lahan pertanian yang cukup tinggi tersebut. Dalam RDTRK tersebut menurut Tri akan mengatur lahan yang ada di setiap kapanewon sesuai dengan peruntukannya.

“Dalam RDTRK tata ruangnya lebih detail, ada alokasi lahan. Lalu ada area hijau untuk pertanian, perdagangan, industri, itu batas-batasnya lebih strick [ketat] lagi di RDTRK,” katanya. 

Saat ini menurut Tri belum seluruh kapanewon di DIY memiliki RDTRK. Kabupaten Bantul misalnya dari 17 kapanewon, baru 3 atau 4 kapanewon yang telah memiliki RDTRK. 

Dia pun mendorong agar tiap kapanewon segera merancang RDTRK sehingga degradasi lahan pertanian setiap tahunnya dapat berkurang. 

BACA JUGA : Permudah Investasi, RDTR Kawasan Sekitar YIA Masuk Peta Digital KementerianATR/BPN

“Ini sebagai jaminan lahan untuk pangan terlindungi, lahan sawah dilindungi [LSD] itu dipastikan ada di setiap tata ruang di DIY dan di kabupaten kota. Sehingga kita kendalikan betul-betul untuk kecukupan pangan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement