Advertisement

UMY Dorong Civitas Jaga Kesehatan Mental

Lugas Subarkah
Selasa, 10 Oktober 2023 - 20:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
UMY Dorong Civitas Jaga Kesehatan Mental Sejumlah mahasiswa UMY memperingati Hari kesehatan Mental, Selasa (10/10/2023). (IST - Humas UMY)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan serangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia, Selasa (10/10/2023). Rangkaian ini menjadi kampanye pentingnya menjaga kesehatan mental di kalangan civitas academica UMY.

Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY, Rifki Febriansah, menjelaskan kegiatan ini menjadi acara tahunan yang melibatkan mahasiswa dan dosen UMY yang dikemas dengan berbagai kegiatan, mulai dari jalan sehat, screening kesehatan mental, hingga penyampaian materi terkait kesehatan mental.

Advertisement

Baca Juga: Hari Kesehatan Mental Sedunia, Komunikasi Kunci Cegah Depresi

“Tahun sebelumnya, acara yang kami adakan tidak sebesar ini. Dengan konsep yang baru ini, kami mencoba untuk turut memeringati Hari Kesehatan Mental Dunia dengan jangkauan yang lebih luas di kalangan mahasiswa dan dosen, sehingga kesadaran untuk menjaga kesehatan baik dari mental, jasmani maupun rohani dapat semakin meningkat,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

LPKA UMY memiliki layanan konseling bernama Student Wellness and Support Service (StuWeSS). Menurutnya, sangat penting bagi UMY untuk dapat melakukan pengawasan terhadap kesehatan mental khususnya bagi mahasiswa. “Kesehatan mental menjadi salah satu faktor yang dapat menentukan kesuksesan mahasiswa dari awal masa studi hingga lulus nanti,” paparnya.

Hari Kesehatan Mental Dunia juga menjadi momentum bagi UMY untuk meningkatkan kesadaran seluruh civitas academica UMY agar dapat saling menjaga dan memperhatikan kondisi fisik dan psikis antar mahasiswa dan dosen.

Baca Juga: Duh, Masih Ada ODGJ yang Dipasung di Gunungkidul, Ini Sebaran Lokasinya

Ia berharap agar kegiatan yang telah digelar di hari kesehatan mental dunia ini tidak selesai begitu saja, namun civitas academica UMY terutama mahasiswa juga dapat terus secara rutin memeriksa kondisi kesehatan mental mereka melalui StuWeSS sebagai layanan konseling UMY.

“Tidak perlu malu untuk bercerita hal-hal yang ingin dibicarakan, mahasiswa dapat langsung menghubungi tim konselor kami, di mana kami juga memiliki tim konselor sebaya yang terdiri dari mahasiswa senior sebagai kakak tingkat mereka. Pelayanan konseling juga kami buka setiap hari, sehingga lebih memudahkan mahasiswa untuk berkonsultasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement