Advertisement

5 Kalurahan di Bantul Berstatus Masyarakat Siaga Tsunami

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 13 November 2023 - 11:17 WIB
Sunartono
5 Kalurahan di Bantul Berstatus Masyarakat Siaga Tsunami Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–National Tsunami Ready Board (NTRB)  telah menetapkan lima kalurahan di Kabupaten Bantul sebagai Masyarakat Siaga Tsunami atau Tsunami Ready Community Tingkat Nasional  pada (3/11/2023). Penetapan tersebut dilakukan setelah 5 kalurahan tersebut dinilai memenuhi indikator yang dipersyaratkan. 

Staf Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Pasca Bencana BPBD Bantul, Budianta menyampaikan lima kalurahan yang ditetapkan sebagai Masyarakat Siaga Tsunami yaitu Kalurahan Parangtritis, Tirtohargo, Srigading, Gadingsari, dan Poncosari. 

Advertisement

BACA JUGA : Jadi Titik Rawan Tsunami, 5 Kalurahan di Bantul Dapat Pendampingan dari BMKG

“Penetapan tersebut dilakukan setelah lima kalurahan tersebut memenuhi 12 indikator Masyarakat Siaga Tsunami,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Minggu (12/11/2023). 

Dua belas indikator tersebut yaitu kalurahan tersebut telah memiliki peta bahaya tsunami, memiliki informasi perkiraan jumlah orang yang berada di wilayah bahaya tsunami, memiliki papan informasi publik tentang gempa dan tsunami. 

Kemudian kalurahan tersebut memiliki inventaris sumberdaya ekonomi, infrastruktur, politik dan sosial untuk pengurangan risiko bahaya tsunami, memiliki peta evakuasi tsunami yang mudah dimengerti yang disusun bersama dengan pihak berwenang berkolaborasi dengan masyarakat. 

“Pada lima kalurahan tersebut telah ada peta dan jalur evakuasi apabila terjadi bencana,” katanya. 

Kemudian kalurahan tersebut memiliki materi pendidikan dan kesiapsiagaan yang didistribusikan, memiliki kegiatan pendidikan dan kesiapsiagaan secara rutin, melakukan pelatihan tsunami secara rutin. Dalam penyelenggaraannya, menurut dia, BPBD Kabupaten Bantul terus melakukan pendampingan  kepada masyarakat di lima kalurahan tersebut. 

“Pelatihan keterampilan [apabila terjadi tsunami] dan evakuasi telah dilakukan. Setiap tahun ada simulasi [tsunami] mandiri oleh desa dengan masyarakat,” katanya. 

Selain itu kelima kalurahan tersebut telah memiliki rencana operasi darurat tsunami, memiliki kapasitas untuk melaksanakan rencana operasi kedaruratan, memiliki kemampuan menerima info gempa dan peringatan dini tsunami, serta memiliki kemampuan menyebarluaskan info genap dan peringatan dini tsunami. 

“Di kalurahan tersebut telah memiliki dokumen kontijensi atau dokumen penanggulangan bencana tsunami. Dalam dokumen itu ada rencana aksi kalurahan dan susunan tim penanggulangan bencana dari setiap desa,” katanya. 

Kelima kalurahan tersebut saat ini juga telah memiliki Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) yang dapat menjadi wadah untuk berupaya mengurangi resiko bencana tsunami di lima kalurahan tersebut. 

BACA JUGA : BMKG Siapkan Skenario Terburuk Gempa dan Tsunami di Selatan Jogja

Dia menuturkan pihaknya telah menyiapkan masyarakat pada lima kalurahan tersebut telah sejak tahun 2012. BPBD Kabupaten Bantul telah memberikan pendampingan dan edukasi kepada masyarakat sehingga masyarakat Kabupaten Bantul yang berada di sekitar Pantai Selatan dapat memiliki kemampuan untuk menghadapi bencana tsunami dan gempa. 

“Lima kalurahan tersebut sudah merupakan kalurahan tangguh bencana. Ketika kemarin diajukan [Masyarakat Siaga Tsunami], tinggal dilakukan review dan meningkatkan beberapa hal,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Otorita IKN Peroleh Hibah Kota Cerdas dari Amerika Serikat Senilai Rp31 Miliar

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement