Advertisement

Kelompok Paduan Suara Asal Jogja Raih Medali Emas di Ajang Festival Internasional

Yosef Leon
Minggu, 19 November 2023 - 18:17 WIB
Sunartono
Kelompok Paduan Suara Asal Jogja Raih Medali Emas di Ajang Festival Internasional Kelompok paduan suara asal Jogja berhasil meraih Gold Medal dalam ajang Bandung International Choral Festival (BICF) 2023 yang digelar pada 8-11 November. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kelompok paduan suara asal Jogja, Purwa Caraka Music Studio Jogja Choir berhasil meraih Gold Medal dalam ajang Bandung International Choral Festival (BICF) 2023. Agenda yang digelar pada 8-11 November ini merupakan lomba kelompok paduan suara dari berbagai daerah di Indonesia dan diikuti pula peserta yang berasal dari berbagai negara.

Purwa Caraka Music Studio Jogja Choir yang beranggotakan 18 siswa membawakan dua buah lagu yakni Reflection dan This Is Me. Mereka meraih Gold Medal pertamanya itu dengan total nilai 82,60 dalam kategori pop and Jazz walau kategori umum tapi kelompok ini tetap berusaha maksimal untuk menampilkan yang terbaik dengan usia siswa nya 9-17 tahun.

Advertisement

BACA JUGA : Audisi Diikuti 117 Peserta, GBN Jadi Ajang Pencarian Bakat Seni Paduan Suara

“Persiapan mengikuti BICF ini terbilang cukup singkat, kami mulai proses audisi dan latihan sejak awal September 2023. Latihan diadakan secara rutin sebanyak tiga kali dalam seminggu," kata Owner Purwa Caraka Music Studio Jogja, Novita, Minggu (19/11/2023).

Para peserta dilatih secara intensif oleh sejumlah pelatih muali dari Athitya Monica, Yosua, dan Zulfahmi. Ketiganya merupakan instruktur vokal sangat berpengalaman di dunia paduan suara (choir).

Siswa/I Purwa Caraka Music Studio Jogja juga sangat aktif mengikuti ajang kompetisi musik bertaraf internasional lainnya seperti Asia Pacific Arts Festivals dan Youth Friendship Festival yang baru-baru ini juga dilaksanakan di Bali pada 28-30 September 2023 lalu.

Awal mula terbentuknya kelompok ini bertujuan untuk kegiatan konser siswa dan kerap juga tampil dalam beberapa acara seperti Grand Concert dan juga menjadi pengisi acara National Vocal Competition Purwa Caraka Music Studio 2023. Dengan dukungan penuh dari para orang tua siswa, pada tahun 2023 ini Purwa Caraka Music Studio Jogja Choir dipersiapkan untuk mengikuti ajang kompetisi paduan suara Bandung International Choral Festival (BICF) yang diselenggarakan pada tanggal 8-11 November 2023 di Kota Bandung.

BACA JUGA : Dukung Pesparawi Sleman 2023, Danang: Ini Wujud Sleman Rumah Bersama

"Kami mendorong siswa/i nya untuk mengikuti lomba atau kompetisi musik baik nasional maupun internasional karena selain untuk melatih mental, membangun relasi atau persahabatan, manfaat lainnya juga adalah sertifikasi yang sangat berguna untuk melanjutkan jenjang pendidikan formal," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement