Advertisement

Ratusan Mobil Angkutan Barang Terjaring Razia di Perbatasan Jogja

Yosef Leon
Senin, 04 Desember 2023 - 17:27 WIB
Sunartono
Ratusan Mobil Angkutan Barang Terjaring Razia di Perbatasan Jogja Dishub Jogja bersama Polresta setempat saat menggelar operasi penertiban angkutan barang dan penumpang, Senin (4/12/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja menggencarkan operasi penertiban angkutan barang dan penumpang jelang masa Natal dan Tahun Baru. Dalam operasi yang dilaksanakan pada Senin (4/12/2023) di Pasar Aneka Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTHY) sejumlah kendaraan terjaring razia. 

Kepala Seksi Pengendalian Operasional Dishub Kota Jogja Ariyanto Agus Cahyono mengatakan, operasi penertiban ini digelar dengan menggandeng Polresta Jogja dan Polsek setempat. Meski rutin digelar tetapi pihaknya masih saja menemui pengendara yang melanggar aturan.

Advertisement

BACA JUGA : 323 Sepeda Motor Terjaring Razia Tertib Lalu Lintas di Bantul

“Sampai saat ini rutin dilakukan operasi tertib lalu lintas di beberapa titik rawan pelanggaran, sehingga menjelang Nataru 2024 ini cenderung menurun angka pelanggarannya dan rata-rata dari luar Kota Jogja seperti Bantul, Sleman dan wilayah lainnya,” jelas Ariyanto. 

Menurutnya, dalam satu bulan ada empat titik lokasi operasi tertib lalu lintas yang disasar yakni di PASTY, Jalan Hos Cokroaminoto, Jalan Solo depan LPP dan di Jalan Gambiran. Sejumlah titik tersebut merupakan titik perbatasan antara Kota Jogja dengan wilayah lain sehingga banyak ditemukan pelanggaran lalu lintas. 

"Hari ini kami menjaring sebanyak 122 kendaraan angkutan barang. Dari ratusan pemeriksaan kendaraan ini terdapat 17 kendaraan yang habis masa uji," jelasnya. 

Selain itu, dari jajaran Polresta juga berhasil mengamankan 8 pelanggar lalu lintas lantaran tidak memakai helm, tidak membawa SIM dan surat kelengkapan kendaraan. Kemudian ada 4 kendaraan lainnya yang kedapatan memakai knalpot brong, sehingga disita untuk sementara waktu eh petugas kepolisian. 

“Harapannya dengan kegiatan ini, masyarakat paham akan keselamatan, tertib lalu lintas di jalan. Karena keselamatan milik kita bersama tidak hanya pengendara saja tapi juga pengendara lainnya. Saya berharap semua untuk lengkapi kendaraan dan tertib lalu lintas. Sehingga Kota Jogja menjadi kota yang nyaman, aman dan tertib,” ujarnya.

BACA JUGA : Hari Pertama Operasi Patuh Progo di Bantul, Ratusan Pengendara Kena Tilang

Sementara itu, salah satu pengendara yang hendak menuju ke Kabupaten Bantul Erik, 40, mengungkapkan, operasi lalu lintas ini sangat efektif. Sehingga harapannya dapat menjaring pengendara lain yang tidak tertib lalu lintas.

“Sangat efektif menurut saya. Selain aman di jalan, harapannya para pengendara lain mematuhi aturan yang ada. Sehingga seperti saya membawa barang paket ini juga nyaman melintasi jalan raya, karena semua tertib berlalu lintas,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

News
| Senin, 04 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement