Advertisement

Seorang Sopir Bus di Terminal Jombor Kedapatan Memakai Obat Penenang

David Kurniawan
Kamis, 28 Desember 2023 - 19:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Seorang Sopir Bus di Terminal Jombor Kedapatan Memakai Obat Penenang Petugas menguji dan mencatat hasil tes urine milik kru bus di Terminal B Wates, Kulonprogo, Jumat (22/6/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sleman mengungkapkan ada seorang sopir yang kedapatan menggunakan obat penenang saat bekerja. Temuan ini merupakan hasil tes urin terhadap 24 sopir bus angkutan kota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Jombor, Sinduadi, Mlati, Sleman, Kamis (28/12/2023).

Kepala BNNK Sleman, Siti Alfiah mengatakan tes urin terhadap sopir merupakan bagian untuk memastikan keselamatan selama libur akhir tahun. Pada awalnya, ada 25 sopir yang akan dites, namun hanya 24 yang mengikuti kegiatan ini.

Advertisement

Baca Juga

MUDIK LEBARAN 2013 : Sopir Bus di Giwangan Jalani Tes Urine

Tekan Angka Kecelakaan, Supir Bus di Sleman Jalani Tes Urine

Hasil Tes Kesehatan, Beberapa Driver Di Terminal Giwangan Dinyatakan Tidak Layak Jalan

Menurut dia, sopir-sopir ini sudah diambil sampel urin kemudian dilakukan pegecekan. Adapun hasilnya, 23 sopir dinyatakan negatif, sedangkan satu orang dinyatakan positif mengandung obat jenis Benzodiazepine atau akrab disebut Benzo.

“Masuk obat penenang yang digunakan untuk mengobati gangguan kecemasan atau kepanikan,” kata Siti kepada wartawan, Kamis sore.

Adanya temuan ini, ia mengaku langsung berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Sleman untuk menguji. Salah satunya untuk mengetahui riwayat penggunaan obat tersebut.

“Kalau ada resep dokter tidak ada masalah. Tapi, kalau tidak maka akan ada penanganan lebih lanjut,” katanya.

Menurut dia, pengetesan terhadap awak angkutan merupakan kegiatan rutin. Siti mengakui adanya sopir yang positif bukan yang pertama kali.

Pada 2021 lalu, ada seorang sopir yang dinyatakan positif menggunakan narkoba. Pengetesan dilakuan jadi bagian untuk keselamatan pada saat di jalanan.

“Saat ada yang positif langsung kami minta ke PO yang menaungi untuk mengganti. Sedangkan, sopir yang positif masuk ke program rehabilitasi,” katanya.

Salah seorang sopir yang mengikuti tes, Tulus Riyanto mengakui tidak memermasalahkan adanya tes ini. Malahan ia senang karena bisa menjadi bagian untuk meningkatkan keselamatan saat bekerja.

“Yang dibawa tidak hanya diri sendiri, tapi juga puluhan penumpang. Jadi, tidak ada masalah dan yang takut ikut tes malah harus dicurigai. Kalau tidak memakai, pasti tidak ada masalah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Isi Kuliah Tamu di LSE: Indonesia On-Track Capai Visi Indonesia Emas 2045

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement