Advertisement

Mobil Listrik Disiapkan untuk Melancarkan Prosesi Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman

Yosef Leon
Senin, 08 Januari 2024 - 19:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Mobil Listrik Disiapkan untuk Melancarkan Prosesi Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman Puro Pakualaman. - Harian Jogja/Arief Junianto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Panitia pelaksana prosesi Dhaup Ageng atau pernikahan putra bungsu K.G.P.A.A. Paku Alam X dan G.K.B.R.A.A. Paku Alam yakni B.P.H. Kusumo Kuntonugroho dengan putri dari Tri Prabowo dan (alm) Wijayatun Handrimastuti yakni Laily Annisa Kusumastuti mempersiapkan berbagai hal untuk kelancaran acara pada 10-11 Januari itu. 

Salah satunya adalah fasilitas transportasi yang disediakan kepada para tamu undangan untuk menuju lokasi acara. Seperti diketahui pada saat pelaksanaan Dhaup Ageng mendatang sejumlah ruas jalan di seputaran Puro Pakualaman akan ditutup. Tamu akan diangkut menggunakan transportasi khusus ke lokasi acara. 

Advertisement

Ketua Bidang III Panitia Dhaup Ageng PA 2024 K.M.T. Tirtonagoro mengatakan sudah menyiapkan fasilitas transportasi berupa mobil listrik dan transpostasi keliling untuk mengantar tamu undangan dari beberapa titik kantong parkir yang ada di sekitar Puro Pakualaman menuju ke lokasi Kagungan Dalem (KD) Bangsal Sewatama Puro Pakualaman. 

"Kantong parkir khusus juga disediakan di antaranya di sisi barat dan sisi timur," katanya, Senin (8/1/2024). 

Baca Juga

2 Hari Jelang Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman, Ini Suasana Persiapan di Lokasi Acara

Mengenal Prosesi Nyengker, Tradisi yang Kini Dilakukan Pasangan Pengantin Dhaup Ageng Pakualaman

Digelar Mulai 10 Januari, Ini Urutan Proses Dhaup Ageng Pakualaman

Adapun kantong parkir di sisi barat terdapat di kantong parkir Senopati dan kantong parkir Jalan Sriwedari. Di sisi timur, kantong parkir tersedia di Mandala Krida, Gedung Olah Raga (GOR) Amongrogo, dan Lapangan Panahan Kenari.

"Transportasi lain yang juga disiapkan adalah shuttle bus dan minibus untuk mengantar tamu dari kantong parkir Mandala Krida, Gedung Olah Raga (GOR) Amongrogo, dan Lapangan Panahan Kenari ke lokasi KD Bangsal Sewatama," katanya. 

Selain itu, guna mengurangi kendaraan tamu undangan Dhaup Ageng, terdapat juga fasilitas promo dengan aplikasi taksi online. Hal ini ditujukan untuk memudahkan dan memperlancar perjalanan para tamu undangan yang menuju atau pulang dari Pura Pakualaman Jogja.

Kegiatan inti Dhaup Ageng nantinya meliputi ijab, panggih, sungkeman dan resepsi hari pertama pada 10 Januari 2024 dan akan dihadiri sebanyak 1.500 tamu undangan. Sementara resepsi hari kedua akan digelar pada 11 Januari 2024 dan akan dihadiri sebanyak 4.000 tamu undangan. 

"Nantinya juga akan dilakukan penutupan sejumlah ruas jalur lalu lintas di tanggal 10 Januari 2024 pada pukul 10.00 sampai 14.00 WIB dan di tanggal 11 Januari 2024 pada pukul 17.00 sampai 24.00 WIB," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Tembak Gas-Peluru Karet Saat Demo Buruh di Turki, Ratusan Orang Ditangkap

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement