Advertisement

Integrasi Layanan Primer di Puskesmas Wilayah Jogja Diperluas

Lugas Subarkah
Minggu, 11 Februari 2024 - 14:27 WIB
Arief Junianto
Integrasi Layanan Primer di Puskesmas Wilayah Jogja Diperluas Ilustrasi. - Antarafoto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja akan memperluas layanan primer puskemas melalui pengimplementasian Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer atau Integrasi Layanan Primer (ILP) di seluruh Puskesmas di Kota Jogja. Hal ini sebagai upaya peningkatan meningkatkan pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Jogja.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi Aryani menjelaskan dalam mendukung upaya ini, keberadaan Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) di Kota Jogja berperan sangat penting. Harapannya pelayanan kesehatan di Kota Jogja dapat tertangani dengan cepat, tepat dan tuntas.

Advertisement

“Program ILP ini sudah dilakukan Pemkot Jogja di Puskesmas Pembantu. Namun, dari Kementerian Kesehatan memiliki branding baru dengan program sesuai siklus makhluk hidup yakni mulai bayi, balita, anak, remaja, ibu hamil, usia produktif hingga lansia, pemeriksaan berdasarkan itu,” ujarnya, Minggu (11/2/2024).

Emma mengungkapkan hingga saat ini program ILP sudah dilakukan di beberapa puskesmas yakni di Puskesmas Pembantu Giwangan dan Puskesmas Pembantu Tompeyan. Kemudian untuk tahun ini akan ditambah lagi empat puskesmas pembantu yang akan melaksanakan program ILP tersebut.

“Untuk itu, peran seluruh OPD [Organisasi Perangkat Daerah] di Pemkot Jogja sangatlah penting dalam mendukung pelaksanaan ILP di wilayah. Selain itu, kegiatan ini nantinya sebagai upaya untuk memberdayakan kader agar lebih preventif dan promotif dalam pelayanan kesehatan,” katanya.

BACA JUGA: Dinas Kesehatan Bantul Segera Aktifkan Puskesmas Pembantu

Penjabat Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo, berharap seluruh OPD ikut serta dalam membantu program Posyandu di wilayah. Sehingga apa yang dibutuhkan Posyandu beserta para kadernya seperti sarana prasarana, terpenuhi dengan baik.

“Semoga dengan misi Pemkot Jogja dalam memberikan pelayanan terbaik bagi warga Kota Jogja dapat dirasakan, salah satunya melalui posyandu. Saya berharap, OPD memberikan perhatian agar dapat memakmurkan posyandu dan kadernya untuk lebih semangat melayani masyarakat,” katanya.

Salah satu Kader Posyandu Cengkeh 21 di Kelurahan Pringgokusuman, Gedongtengen, Weni Sumarsih, berharap program ILP ini dapat menghadirkan regenerasi kader dan meningkatkan layanan posyandu lebih baik ke depannya.

“Setidaknya ada lima kader di setiap posyandu yang ada di Kota Jogja. Selain regenerasi kader, dalam pelaksanaan kegiatan posyandu menjadi lancar. Harapannya juga akan ada pembinaan dan peningkatan kapasitas bagi kader di wilayah untuk memperlancar kegiatan di posyandu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement