Advertisement

Disdukcapil Bantul Upayakan Kemudahan Perekaman E-KTP untuk Penyandang Disabilitas

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 29 April 2024 - 17:37 WIB
Sunartono
Disdukcapil Bantul Upayakan Kemudahan Perekaman E-KTP untuk Penyandang Disabilitas Ilustrasi. - JIBI/Solopos

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul berupaya melakukan percepatan e-KTP untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bantul 2024. Saat ini masih ada beberapa disabilitas di Bantul yang mengalami kendala dalam perekaman e-KTP.

Kepala Disdukcapil Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menyampaikan hingga saat ini masih ada 192 orang disabilitas yang belum melakukan perekaman e-KTP. Dinas berupaya menjangkau kelompok rentan untuk melakukan perekaman e-KTP melalui Jejaring Layanan Aktif bagi yang Terhambat Pengurusan Adminduk (Jalan Terang). 

Advertisement

BACA JUGA : Pilkada 2024: Perekaman e-KTP Pemilih Pemula Ditarget Rampung Juli 2024

Layanan tersebut diperuntukkan bagi penduduk yang mengalami hambatan dalam memperoleh dokumen kependudukan. Layanan tersebut diselenggarakan untuk beberapa kelompok rentan antara lain disabilitas. "Kami berupaya agar tahun ini berhasil [melakukan perekaman e-KTP bagi disabilitas], syukur-syukur angkanya bisa nol persen [seluruh disabilitas telah melakukan perekaman e-KTP]," ujarnya, Senin (29/4/2024). 

Menurutnya layanan tersebut dilakukan untuk mempermudah masyarakat rentan melakukan pencatatan administrasi kependudukan. 

Dia menyampaikan melalui layanan tersebut, Disdukcapil Bantul melakukan kerjasama dengan beberapa stakeholder terkait untuk melakukan jemput bola perekaman e-KTP. Beberapa stakeholder yang digandeng Disdukcapil Bantul antara lain Dinas Sosial (Dinsos) Bantul, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA). 

BACA JUGA : Disdukcapil Bantul Kejar Target Perekaman e-KTP untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Dia menyampaikan kelompok rentan selama ini mengalami kesulitan dalam perekaman e-KTP. Karena itu, kerjasama dengan stakeholder terkait dilakukan untuk mengejar target agar seluruh pemilih disabilitas dalam Pilkada 2024 dapat melakukan perekaman e-KTP sebelum Pilkada. Ia menargetkan agar pada Mei 2024 perekaman e-KTP bagi disabilitas dapat rampung.

Menjelang Pilkada 2024, pihaknya juga akan melakukan pemutakhiran daftar pemilih tetap untuk Pilkada 2024. Meski begitu, menurutnya, pihaknya masih menunggu jadwal KPU Bantul untuk pemutakhiran data tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perdana Menteri Slovakia Robert Fico Ditembak, Peluru Bersarang di Tubuhnya

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement