Advertisement

9 Tersangka Kasus Ganja, Sabu dan Obat Berbahaya Diringkus

Lugas Subarkah
Kamis, 22 Februari 2024 - 19:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
9 Tersangka Kasus Ganja, Sabu dan Obat Berbahaya Diringkus POlisi menunjukkan barang bukti dan para tersangka kasus narkotika, psikotropika dan obat berbahaya, di Polresta Jogja, Kamis (22/2/2024) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Polresta Jogja meringkus sembilan tersangka dalam kasus peredaran narkotika dan obat berbahaya. Kesembilan tersangka ditangkap di lokasi berbeda-beda, di wilayah Kota Jogja dan Sleman.

Wakapolresta Jogja, AKBP Rudi Setiawan, menjelaskan penangkapan pertama terjadi pada 2 Februari lalu di wilayah Wirogunan, dengan tersangka YPP, 27. “Karena diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I berupa ganja,” ujarnya, Kamis (22/2/2024).

Advertisement

Dari YPP didapatkan barang bukti berupa satu plastik klip isi ganja berat 4,63 gram, satu plastik klip isi ganja berat 0,59 gram, satu puntung rokok ganja berat 0,19 gram,s atu pak plastik klip kemasan kecil dan satu handphone warna hitam.

Tiga tersangka lainnya yang juga didapati terjerat kasus narkotika yakni AWR, 20 dengan barang bukti 1,48 gram tembakau sintetis, AA, 42 dengan barang bukti 1,84 garam sabu dan NDS, 32 dengan barang bukti 2 gram sabu.

AWR ditangkap pada 16 Februari di wilayah Wirogunan, sedangkan AA ditangkap 18 Februari di wilayah Caturtunggal, Depok, Sleman dan NDS ditangkap di Klitren, Gondokusuman, pada 19 Februari.

YPP, AWR dan NDS disangkakan Pasal 111 ayat (1) atau Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35/2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara dan denda Rp8 miliar. “Sedangkan AA disangkakan Pasal 114 ayat (1) atau Pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35/2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda Rp10 miliar,” katanya.

Baca Juga

Polresta Sleman Tangkap Pengedar Pil Sapi dan Ganja yang Berjualan via Instagram

Simpan Setengah Kilo Lebih Sabu-Sabu, Warga Wonosobo Digelandang Polisi Semarang

Empat Tersangka Pengedar Obat Terlarang Dibekuk Polisi

Adapun empat tersangka lainnya terjerat kasus obat berbahaya, yakni OSW, 31 yang ditangkap pada 3 Februari di wilayah Condongcatur, Depok, Sleman, dengan barang bukti 90 butir obat berbahaya yang kerap disebut pil sapi.

Dari OSW, polisi mengembangkan dan berhasil menangkap satu tersangka berinisial FN, 38, yang ditangkap di hari dan wilayah sang sama dengan OSW, dengan barang bukti 430 butir pil sapi dan sejumlah plastik klip.

Pada 6 Februari, polisi menangkap satu tersangka berinisial ABP, 30, di wilayah Umbulharjo. ABP didapati memiliki 2000 butir pil sapi. Pada hari berikutnya, satu tersangka tertangkap lagi berinisial GR, 29, di wilayah Gondomanan, dengan barang bukti 3.420 pil sapi.

Sementara satu tersangka terjerat kasus psikotropika, yakni APL, yang ditangkap di wilayah Bumijo, Jetis, pada 12 Februari dengan barang bukti 16 butir pil alprazolam. APL disangkakan Pasal 62 UU RI No. 05/1997 tentang Psikotropika, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara dan denda Rp100 juta.

Kasatresnarkoba Polresta Jogja, AKP Ardiansyah Rolindo Saputra, menuturkan daru kesembilan tersangka tersebut, satu tersangka merupakan residivis dari perkara yang sama, yakni ABP. Mereka juga bukan merupakan dari satu jaringan. “Sembilan tersangka ini tidak berkelompok, tapi terpecah-pecah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buruan Beli! Harga Tiket MotoGP Diskon 50 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement