Advertisement

JogjaVaganza Hadirkan Sejumlah Paket Wisata Baru, Ini Detailnya

Lugas Subarkah
Selasa, 27 Februari 2024 - 21:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
JogjaVaganza Hadirkan Sejumlah Paket Wisata Baru, Ini Detailnya Sejumlah pelaku wisata dari Kota Jogja dan berbagai daerah mengikuti JogjaVaganza 2024, Senin (26/2/2024) malam. - ist Pemkot JOgja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja bersama para pelaku wisata kembali menggelar JogjaVaganza pada 26-28 Februari 2024. Kegiatan ini mempertemukan pelaku wisata di Kota Jogja dengan pelaku wisata dari berbagai daerah, sebagai forum business to business (B2B).

Penjabat Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo, menjelaskan dalam kegiatan JogjaVaganza ada paket-paket wisata baru di Kota Jogja untuk dikenalkan kepada buyer dari pelaku wisata berbagai daerah. Potensi yang menonjol yakni wisata dari kawasan cagar budaya di Kota Jogja seperti kawasan Kotabaru dan Sumbu Filosofi di Kota Jogja, dari Tugu Jogja, Malioboro dan Kraton Jogja.

Advertisement

“Supaya tidak monoton, paket wisata yang baru bisa dimunculkan oleh seller. Misalnya paket Kotabaru, paket Sumbu Filosofi yang belum lama ini diakui Unesco. Itu juga perlu ditawarkan kepada para buyer di sini,” kata Singgih dalam Welcome Dinner JogjaVaganza 2024 di Hotel Jambuluwuk, Senin (26/2/2024) malam.

Berdasarkan rilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jogja terutama Malioboro ditetapkan menjadi destinasi wisata terfavorit oleh wisatawan domestik. Meski demikian, Pemkota Jogja akan terus mengembangkan potensi wisata yang ada seperti narasi cerita-cerita menarik di setiap sudut Jogja.

“Jogja dengan logo YK akan kita lakukan branding yang kuat. Arahnya nanti akan jadi City of Festival karena di Jogja sepanjang tahun ada festival yang jumlahnya cukup banyak dari tingkat internasional dan nasional,” paparnya.

Baca Juga

Jogjavaganza Kembali Digelar, Ini Dia Destinasi yang Akan Dikenalkan

Di Jogjavaganza Kali Ini, Pemkot Jogja Hubungkan Pelaku MICE dengan Klien Potensial

Jogja Vaganza Tetap Digelar Dengan Prokes Ketat

Jogja sebagai City of Festival akan menjadi daya tarik wisata yang bagus. Paket-paket wisata akan disinergikan menjadi paket festival. Aktivitas pra dan pascafestival akan digarap. Dicontohkan paket wisata yang menggabungkan dengan beberapa aktivitas festival seperti Wayang Jogja Night Carnival. Upaya itu dilakukan untuk menambah lama tinggal dan belanja wisatawan di Kota Jogja.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko, menuturkan JogjaVaganza merupakan salah satu kegiatan promosi pariwisata Kota Jogja dengan melibatkan pelaku usaha pariwisata di Kota Jogja yang terdiri dari pelaku jasa hotel, restoran, destinasi wisata, kampung wisata dan pusat oleh-oleh.

Pada tahun ini, JogjaVaganza mengundang sekitar 55 potensial buyer dari agen perjalanan wisata di berbagai daerah seperti Jawa, Lampung, Sumatera, Kalimantan dan Bali. “Melalui kegiatan ini, pariwisata diharapkan dapat menggeliat dan semakin memajukan perekonomian sektor pariwisata,” ungkapnya.

Sejumlah paket destinasi wisata baru yang akan dikenalkan yakni kawasan Sumbu Filosofi Jogja, Kotabaru, Pakualaman dan Kotagede dan Embung Budaya Giwangan. Ditargetkan jumlah wisatawan di Kota Jogja pada 2024 mencapai 3,5 juta dengan lama tinggal 1,8 hari dan belanja wisatawan Rp1,75 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan NasDem Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Anies Bilang Begini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement