Advertisement

4,4 Ribu Keluarga di Kulonprogo Terima Bansos Pangan, Semua Komoditasnya Lokal

Triyo Handoko
Rabu, 28 Februari 2024 - 18:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
4,4 Ribu Keluarga di Kulonprogo Terima Bansos Pangan, Semua Komoditasnya Lokal Penjabat Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti (paling kanan) menunjukan telur yang termasuk komoditas dalam bansos pangan Pemkab Kulonprogo, pada Rabu (28/2 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 4.400 keluarga di Bumi Binangun memperoleh bantuan pangan nontunai (BNPT) pada Rabu (28/2/2024). Penyaluran BNPT tersebut melalui 24 e-Waroeng yang tersebar di seluruh penjuru Kulonprogo.

Bansos pangan tersebut meliputi beras, telur, sayur-mayur, hingga ikan lele. Semua komoditas pangan yang disalurkan itu berasal dari Bumi Binangun sendiri.

Advertisement

Anggaran bansos pangan itu dari APBD Kulonprogo 2024, total sekitar Rp1,4 miliar. Komoditas lokal yang digunakan untuk bansos pangan bertujuan agar perkembangan ekonomi di Bumi Biangun terus berkembang.

"Ini bagian dari upaya struktural mengentaskan kemiskinan di Kulonprogo, karena cukup berbeda dengan daerah lain, kami menggunakan bahan-bahan lokal. Penggunaan bahan pangan lokal ini untuk menggembangkan produksi dan menguntungkan Kulonprogo sendiri," jelas Penjabat Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti pada Rabu siang.

Baca Juga

Asyik...Bantuan Pangan Non-tunai Naik Rp50.000, Ini Menunya

7.681 Keluarga di Magelang Terima Bantuan Pangan Non Tunai

Duh, Bansos untuk Ribuan Warga Gunungkidul Urung Diberikan, Ini Penyebabnya...

Ni Made meresmikan langsung penyaluran tersebut di Kalurahan Ngentakrejo, Kapanewon Lendah. "Pengerjaan bansos ini sehingga tidak hanya dilakukan Dinsos-P3A (Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) sendiri, tapi melibatkan Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, bahkan Dinas Kelautan dan Perikanan karena menyediakan ikan lele," ujarnya.

Kerja lintas sektor dari program bansos pangan itu, menurut Ni Made, wujud tanggung jawab bersama mengentaskan kemiskinan. "Karena pengentasan kemiskinan ini masalah multisektor sehingga harus dikerjakan bersama," ungkapnya.

Kepala Dinsos-P3A Kulonprogo, L. Bowo Pristianto menjelaskan kerja sama antar sektor tersebut sudah dilakukan sejak awal perumusan BNPT itu. "Sejak perumusan awal kami saling berkoordinasi sehingga bisa diwujudkan bersama, Dinsos-P3A juga mengadakan kerja sama resmi dengan dinas-dinas terkait yang terlibat dalam penyedian bahan pangan ini," terangnya.

Bowo menjelaskan masing-masing penerima bansos mendapat Rp200.000 dalam bentuk pangan selama sebulan. "Bansos tersebut ditukarkan di e-Wareong yang sistemnya sudah digital dengan melibatkan Bank BPD DIY," tuturnya.

Penyaluran BNPT itu, lanjut Bowo, disalurkan selama dua bulan sekali. "Kami berharap penerima manfaat dapat benar-benar memanfaatkan program ini, terutama meningkatkan gizi rumah tangganya dan mengurangi beban perekonomiannya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Komisaris HAM PBB Prihatin dengan Sikap Polisi AS yang Membubarkan Aksi Mahasiswa Pro Palestina

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement