Advertisement

Dukung Warga Desa Melek Digital, Mahasiswa Dampingi Pembuatan Website

Newswire
Sabtu, 02 Maret 2024 - 14:27 WIB
Sunartono
Dukung Warga Desa Melek Digital, Mahasiswa Dampingi Pembuatan Website Mahasiswa melakukan kegiatan KKN. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mahasiswa memberikan dukungan terhadap digitalisasi di pedesaan. Salah satunya melalui pemberian pendampingan pembuatan website melalui program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T).

Selain menjadi sarana penting bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman berinteraksi, mengembangkan diri, namun juga mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat secara nyata. Seperti yang dilakukan kelompok mahasiswa KKNT Universitas Alma Ata Jogja di Dusun Jojoran Wetan di Kalurahan Triwidadi, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul.

Advertisement

BACA JUGA : Tiket Digital Masuk Pantai Gunungkidul Segera Dirilis, 2 Tempat Ini Jadi Uji Coba

Mereka secara khusus memberikan pendampingan terhadap warga dalam pembuatan website. Mahasiswa lebih dahulu diberikan pembekalan oleh pihak kampus kemudian melakukan observasi serta wawancara untuk mendapatkan data terkait kebutuhan masyakat yang kemudian disusun menjadi program kerja.

"Kebetulan di Dusun Jojoran Wetan mahasiswa kami membuat website sebagai media yang tepat untuk meningkatkan layanan dusun serta menjadi media promosi UMKM, pada akhir Februari 2024," kata Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-T UAA Avrillaila Akbar Harahap.

Kegiatan tersebut menjadi langkah konkret dalam memperkenalkan teknologi digital kepada masyarakat pedesaan serta meningkatkan kualitas akses informasi mereka. Masyarakat diingatkan terkait pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam mempercepat pertumbuhan dan pengembangan sebuah komunitas, termasuk di pedesaan.

Para mahasiswa KKN-T memaparkan berbagai cara di mana teknologi digital dapat memberikan manfaat signifikan dalam bidang pendidikan, ekonomi dan sosial masyarakat.

BACA JUGA : Kemampuan Digital Pelaku UMKM di Sleman Terus Ditingkatkan

"Selain sosialisasi, mahasiswa juga menyerahkan resmi website Dusun Jojoran Wetan kepada Karang Taruna setempat. Website tersebut akan menjadi sumber informasi bagi warga dusun untuk mengakses berita, kegiatan komunitas, agenda acara, dan informasi lainnya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jakarta Tetap Ibu Kota Indonesia hingga Ada Penetapan Baru

News
| Senin, 29 April 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement