Advertisement

TPST Tamanmartani Mulai Beroperasi Kembali Pekan Depan untuk Antisipasi Lonjakan Sampah

Catur Dwi Janati
Minggu, 14 April 2024 - 19:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
TPST Tamanmartani Mulai Beroperasi Kembali Pekan Depan untuk Antisipasi Lonjakan Sampah Ilustrasi sampah. Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—TPST Tamanmartani akan segera dioperasikan Senin (15/4/2024) mendatang untuk menangani lonjakan sampah pascalibur Lebaran.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau DLH Sleman, Junaidi menuturkan ada lonjakan sampah selama libur Lebaran. Namun terkait jumlahnya, Junaidi belum bisa membeberkan secara rinci lantaran masih dihitung. "Ya kenaikan volume sampahnya pasti lah karena pemudik yang tahun ini lumayan besar," kata Junaidi pada Minggu (14/4/2024).

Advertisement

Jumlah pemudik dan wisatawan menjadi dua aspek yang diduga bakal berpengaruh pada volume sampah selama libur Lebaran. "Untuk prediksinya berapa ton per hari penambahan volume sampahnya masih dihitung, karena kita dasarnya jumlah pemudik sama wisatawan," lanjutnya.

Baca Juga

Depo Sampah Mandala Krida Dikosongkan, Butuh 37 Armada Truk dan Alat Berat

Meneropong Pengelolaan Sampah di Lokasi Wisata Jogja

Soal Pengelolaan Sampah, Anggota DPRD Nilai Pemkot Jogja Masih Gagap

Untuk membantu mengatasi potensi lonjakan sampah yang ada, DLH Sleman lanjut Junaidi akan mengoperasikan TPST Tamanmartani pekan depan. Tempat pengolahan sampah terpadu yang dimiliki Pemkab Sleman tersebut saat ini tengah libur beberapa hari, terhitung mulai 10-12 April 2024. Akan tetapi, pekan depan TPST Tamanmartani dipastikan akan beroperasi kembali mengolah sampah menjadi RDF mulai pekan depan.

"Sampai Jumat (12/4/2024) kemarin libur. Kemudian Sabtu (13/4/2024) itu masuk tapi belum mulai operasional, baru bersih-bersih alat, kemudian menyiapkan alat. Operasinya tetap Senin besok baru mulai," ungkapnya.

Selama ditutup, tidak ada sampah yang masuk ke TPST Tamanmartani. Kiriman sampah baru akan masuk ketika TPST Tamanmartani mulai beroperasi kembali pada Senin (15/4/2024). Terkait dengan sampah dari titik mana yang bakal diprioritaskan masuk ke TPST Tamannartani, hal itu nantinya akan menjadi kewenangan UPTD Pelayanan Persampahan.

"Sampah masuknya baru besok. Kalau pelimpahan sampah dari mana, dari sampah lebaran dan sebagainya yang mengatur juga UPT," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement