Advertisement

Sultan HB X Melantik Pj Wali Kota Jogja dan Pj Bupati Kulonprogo

Newswire
Rabu, 22 Mei 2024 - 14:47 WIB
Maya Herawati
Sultan HB X Melantik Pj Wali Kota Jogja dan Pj Bupati Kulonprogo Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyematkan lencana saat pelantikan Pj Wali Kota Jogja Sugeng Purwanto dan Pj Bupati Kulonprogo Srie Nurkyatsiwi di Bangsal Kepatihan, Jogja, Rabu (22/5/2024). (ANTARA - Luqman Hakim)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X melantik Sugeng Purwanto sebagai penjabat (Pj) Wali Kota Jogja dan Srie Nurkyatsiwi sebagai Pj Bupati Kulonprogo di Bangsal Kepatihan, Jogja, Rabu (22/5/2024).

Sugeng yang sehari-hari bertugas sebagai Asisten Sekretaris Daerah DIY Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat menggantikan Pj sebelumnya, Singgih Raharjo, sedangkan Srie Nurkyatsiwi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY menggantikan Ni Made Dwipanti Indrayanti.

Advertisement

"Menurut hemat saya, keduanya akan dapat menunaikannya tugas sebagai Pj dengan baik, meski berbagai tantangan telah mengemuka, sehingga berbagai solusi harus segera direalisasikan," ujar Sultan HB X seusai pelantikan.

Menurut Sultan, salah satu tantangan yang krusial dihadapi Kabupaten Kulonprogo maupun Kota Jogja adalah desentralisasi pengelolaan sampah.

Sesuai konteks permasalahan sampah saat ini, menurut Sultan, Pemerintah Kota Jogja dan Kabupaten Kulonprogo perlu merencanakan dan mengimplementasikan konsep tata kelola sampah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Kedua pemerintah daerah tersebut, kata dia, perlu pula menguatkan edukasi lingkungan, baik melalui pendidikan formal maupun informal, dan melalui skema pemberdayaan masyarakat.

Dia meminta Pemerintah Kota Jogja memperkuat penanganan sampah dengan visi tata kelola food waste atau sampah pangan mengingat sektor pariwisata dan bisnis kuliner berpotensi menyumbang sampah pangan.

BACA JUGA: Bus Study Tour Siswa Pesisir Barat Lampung Masuk Jurang

Gubernur DIY juga berpesan kepada Pj Wali Kota Jogja dan Pj Bupati Kulonprogo yang baru untuk bersiap mengawal pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Menurut Sultan, pemda kabupaten/kota perlu berpartisipasi dalam pembiayaan penyelenggaraan pilkada, baik pemilihan bupati atau wali kota.

"Biarpun tanggung jawab KPU, tapi partisipasi masyarakat dan aspek-aspek yang terkait dengan 'cost' lokal kan tetap harus diantisipasi oleh masing-masing kabupaten maupun kota," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Raja Keraton Jogja itu juga menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi Singgih Raharjo dan Ni Made Dwipanti Indrayanti atas pengabdiannya sebagai Pj Wali Kota Jogja dan Pj Bupati Kulonprogo selama 1 tahun dengan program-program pembangunan yang berorientasi kerakyatan.

"Selama menjabat keduanya juga telah menjalin hubungan baik, dan aktif berkoordinasi dalam rangka pembangunan dengan Pemerintah Daerah DIY," ujar Ngarsa Dalem sapaan Sultan HB X.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dikabarkan Hilang di Pulau Padamarang, Suhrin Dievakuasi Basarnas

News
| Minggu, 16 Juni 2024, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement