Advertisement

PJ Wali Kota Sugeng Siapkan Strategi Ini untuk Atasi Persoalan Sampah di Jogja

Yosef Leon
Rabu, 22 Mei 2024 - 21:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
PJ Wali Kota Sugeng Siapkan Strategi Ini untuk Atasi Persoalan Sampah di Jogja Warga Kota Jogja mengantre membuang sampah di Depo Sampah Mandala Krida Jogja, Selasa (21/5/2024) pagi. - Harian Jogja/Sugeng Pranyoto.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pj Wali Kota Jogja Sugeng Purwanto mengaku akan memaksimalkan seluruh pihak untuk menyelesaikan persoalan sampah di wilayah itu. Masalah sampah adalah salah satu pesan yang disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat melantik dirinya sebagai Pj Wali Kota Jogja, Rabu (22/5/2024). 

Sugeng mengatakan, dia akan melanjutkan program pengolahan sampah yang sudah dijalankan oleh Pj Wali Kota lama. Selain itu kebijakan yang dianggap bagus akan diteruskan dan disempurnakan dengan kebijakan baru yang lebih progresif. 

Advertisement

"Tentunya apa yang menjadi kebijakan dari Pj lama terkait dengan penanganan sampah kami akan lanjutkan. Yang bagus kami lanjutkan kalau toh ada kekurangan insyallah nanti kekurangan akan kami lengkapi," katanya. 

Sugeng menambahkan pihaknya juga akan berkoordinasi dengan semua pihak baik itu OPD terkait dan juga masyarakat setempat dalam mengolah sampah agar lebih optimal le depannya. Sebab, persoalan sampah tidak hanya jadi kewajiban pemerintah saja. 

Baca Juga

60 Ton Sampah Kota Jogja Akan Diolah di Bantul

Antrean Panjang Warga Buang Sampah di Depo Mandala Krida Kota Jogja

Walhi dan LBH Yogyakarta Buka Posko Aduan Soal Sampah Kota

"Karena tidak mungkin urusan sampah hanya jadi tanggung jawab Pemkot Jogja saja. Namun harus ada kolaborasi dari semua stakeholder, terutama kesadaran masyarakat sendiri untuk bisa mengelola sampah dengan bijaksana," pungkasnya. 

Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan DLH Kota Jogja Ahmad Haryoko mengatakan pembangunan kedua TPS 3R yakni TPS 3R Kranon dan Karangmiri menggunakan Dana Keistimewaan (Danais) 2024 dengan nilai kontrak Rp2,4 miliar untuk TPS 3R Kranon dan pagu Rp4,1 miliar untuk TPS 3R Karangmiri. 

Kucuran Danais ini sepenuhnya untuk konstruksi baik pembangunan tempat pengolahan, kantor dan bangunan kemasyarakatan. Setiap TPS 3R baru ini dilengkapi satu modul mesin RDF senilai Rp2,6 miliar berasal dari APBD. 

"TPS 3R Kranon Kranon sudah mulai beroperasi terbatas dan kami akan kebut pembangunannya serta menargetkan bisa beroperasional penuh 100 persen pada pertengahan Juni 2024," katanya. 

Haryoko menyampaikan satu modul mesin RDF tersebut mampu mengolah sampah sebanyak 30 ton Setiap harinya sejak pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Hasil pilihan sampah diubah menjadi bahan bakar alternatif pengganti batu bara. Targetnya adalah zero residu sampah pasca pengolahan. Dari sampah yang diolah mesin, maka sebanyak 60 persen menjadi RDF. Sisanya, 40 persen diolah lagi menjadi bentuk lain, termasuk pemanfaatan menjadi kompos untuk sampah organik.

"Total sampah di Kota Jogja yang harus kami tangani dikisaran 180 ton setiap harinya, sedang tiga TPS 3R tersebut hanya bisa mengolah sampah total 120 ton per hari. Rinciannya Nitikan 70 ton, Kranon 30 ton dan Karangmiri 30 ton. Sisanya 60 ton dikerja sama dengan swasta. TPS 3R Kranon sudah dioperasionalkan terbatas sebab masih perlu penyesuaian, utamanya terkait lingkungan lokasi. Kami harus membiasakan masyarakat sekitar terkait aroma tak sedap yang mungkin timbul," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dukung Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem, Bapanas Siap Intervensi Pangan

News
| Minggu, 16 Juni 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement