Advertisement

Selesaikan Bore Pile di Luar Ring Road, Pengerjaan Tol Jogja-Solo di Atas Ring Road Dilakukan 31 Hari Lagi

Catur Dwi Janati
Kamis, 13 Juni 2024 - 21:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Selesaikan Bore Pile di Luar Ring Road, Pengerjaan Tol Jogja-Solo di Atas Ring Road Dilakukan 31 Hari Lagi Aktivitas proyek pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman. - Istimewa // PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Rencana proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman di area ring road kemungkinan akan mundur menyesuaikan kondisi teknis di lapangan. Mobilisasi alat berat yang bergerak dari barat ke timur membuat kontraktor tol memilih merampungkan penggarapan bore pile hingga di wilayah Nglarang atau tikungan Ngawen yang berbatasan langsung dengan ring road.

"Kan kita alurnya dari barat ke timur, dari Tirtoadi ke Tlogoadi terus ke Trihanggo, kan kita mau memobilisasi alat itu. Jadi biar nanti secara teknis manajemen lebih enak bagi kami," kata Humas PT. Adhi Karya pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2, Agung Murhandjanto dihubungi pada Kamis (13/6/2024) petang.

Advertisement

Dengan cara ini, pemindahan alat berat tidak terlalu jauh dari titik ring road. Ketika penggarapan sudah sampai di Nglarang, proyek baru akan masuk ke area ring road. "Karena kita juga tidak bisa lompat-lompat [memindah alat]. Karena kalau sudah di ring road sudah enggak bisa digeser-geser lagi, karena mobilisasi alatnya repot karena crowd lalu lintasnya sudah di jalan umum," lanjutnya.

Baca Juga: Tol Jogja Solo di Atas Ring Road Dibangun Mulai Juni, Kendaraan Tetap Bisa Lewat

Kini kontraktor berfokus pada penggarapan di area di luar ring road terlebih dahulu. Salah satu titik yang menjadi fokus penggarapan ada di Nglarang, Tlogoadi. Titik menjadi perbatasan area proyek sebelum masuk ke area ring road utara. "Kita fokusnya mau bore pile dulu di situ 250 titik," imbuhnya.

Baca Juga: Proyek Tol Dijadwalkan Masuk Ring Road Juni, Dishub Sleman Prediksi Dua Jalur Terdampak

Bila 250 borepile telah tuntas dikerjakan, tahapan dilanjutkan dengan pembangunan pier atau tiang penyangga tol. Untuk satu tiang penyangga tol diperluakan 25 bore pile.

Dengan empat alat berat yang beroperasi setiap harinya, ada delapan bore pile yang bisa digarap. Praktis untuk menyelesaikan kebutuhan 250 bire pile kontraktor membutuhkan waktu sekitar 31 hari atau sebulan. Sehingga estimasi proyek masuk ke area ring road Trihanggo pun masih sebulan lagi.

Baca Juga: Proyek Pembangunan Tol Jogja Solo Rambah Kawasan Ringroad Utara Mulai Juni 2024

Posisi alat berat saat ini ada di Tirtoadi sebanyak dua alat dan di Nglarang dua unit. Kontraktor berusaha untuk menuntaskan penggarapan bore pile di luar area ring road terlebih dahulu sehingga pengerjaan di ring road bisa berjalan cepat dengan pengoperasian seluruh alat.

"Dari pada kita pindah-pindah, di luar ring road ngebor nanti di situ [ring road] juga ngebor, lebih baik kita selesaikan yang di luar ring road dulu," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Server Pusat Data Nasional Down Empat Hari, Pengguna Diminta Backup Data

News
| Senin, 24 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement