Advertisement

Pentingnya Membangun Kesadaran Membayar Pajak Sejak Dini

Media Digital
Rabu, 26 Juni 2024 - 09:27 WIB
Ujang Hasanudin
Pentingnya Membangun Kesadaran Membayar Pajak Sejak Dini Suasana diskusi Pentahelix yang bertema Peningkatan Kualitas Layanan Publik di KPP Pratama Bantul, Selasa 25 Juni 2024. - Ist

Advertisement

BANTUL—Pajak sebagai tulang punggung pembiayaan pembangunan negara masih sering kurang dipahami oleh masyarakat banyak. Untuk itu perlu dibangun kesadaran membayar pajak sejak dini karena saat ini pendidikan tentang pajak baru diberikan pada level pendidikan tinggi, itu pun tidak diberikan di semua program studi. Untuk menumbuhkan mindset tentang pentingnya pajak sudah seharusnya hal tersebut diberikan sebagai mata kuliah wajib.

Hal tersebut disampaikan secara senada oleh dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Wahyu Dewi Hapsari dan Shita Lusi Wardani, dosen STIE YKPN pada acara Forum Komunikasi Publik berupa Diskusi Pentahelix yang bertema Peningkatan Kualitas Layanan Publik di KPP Pratama Bantul, Selasa 25 Juni 2024.

Advertisement

Lebih lanjut keduanya menyampaikan bahwa akan lebih baik jika pendidikan tentang pajak diberikan sejak pendidikan dasar dan menengah.

BACA JUGA: Tax Gathering 2023, Apresiasi DJP kepada Wajib Pajak di Bantul

Diskusi Pentahelix itu sendiri dihadiri oleh lima unsur stakeholder yaitu akademisi, pengusaha, komunitas, instansi pemerintah, dan media yang bertujuan menerima pendapat dan masukan untuk peningkatan kualitas pelayanan.

Dari unsur pengusaha dan komunitas menyampaikan agar lebih banyak dilakukan sosialisasi dan pemanfaatan teknologi berupa pengembangan aplikasi-aplikasi yang mempermudah Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajibannya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Sri Nuryanti dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah, Trisna Manurung menyampaikan agar kantor pajak lebih sering mendampingi dan memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha UMKM, BUMkal, dan BUMkalma.

Menanggapi hal tersebut, Ida Ernawati selaku Kepala KPP Pratama Bantul akan menindaklanjuti semua masukan yang diberikan demi peningkatan kualitas layanan publik yang dapat dirasakan manfaatnya oleh Wajib Pajak. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement