Advertisement

Warga Kulonprogo Sampaikan Langsung Aspirasi ke Penjabat Bupati

Media Digital
Rabu, 26 Juni 2024 - 11:17 WIB
Ujang Hasanudin
Warga Kulonprogo Sampaikan Langsung Aspirasi ke Penjabat Bupati Acara Sapa Warga, di rumah dinas Bupati Kulonprogo, Jumat (21/6/2024). - Ist

Advertisement

KULONPROGO—"Saya baru sekali ini masuk rumah dinas bupati," kata Nardi, warga Jumblangan Selatan, Banjarsari, Samigaluh, saat menghadiri Sapa Warga, Jumat (21/6/2024), di rumah dinas Bupati Kulonprogo.

Nardi sehari-hari menjabat sebagai Dukuh Jumblangan Selatan ini menyampaikan aspirasi warganya terkait tiga ruas jalan kabupaten di wilayahnya rusak berat, sulitnya memasarkan produk UMKM, potensi wisata Bukit Tangulangsi Sigong, dan gagal panen karena serangan hama wereng.

Advertisement

Nardi mengaku senang bisa bertemu langsung dengan Pj. Bupatipulon Progo, Ir. Srie Nurkyatsiwi MMA dan jajaran pemkab. "Terimakasih, saya disambut dengan baik, dan bisa menyampaikan uneg-uneg warga saya secara langsung," ucap Nardi.

Sukardi, asal Turus, Tanjungharjo, Nanggulan mengeluhkan adanya jalan kabupaten yang rusak dan berlobang. "Sudah terjadi tiga kejadian kecelakaan di situ, jangan sampai ada korban lagi," kata pensiunan guru tersebut, sambil menambahkan dua titik Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang mati, sehingga daerah sekitar gelap dan rawan lalu lintas.

Ia juga mengusulkan jalan Dusun Turus dilebarkan dan dijadikan jalur dua arah, serta dipasang rambu lalu lintas. "Sering ada kendaran melawan arus, disamping tidak tertib, juga membahayakan," tegasnya.

Dukuh Ngrojo Kembang Nanggulan, Harsana Jati Purnama melaporkan munculnya tumpukan sampah di pinggir jalan. "Saya dan warga sudah sering kerja bakti membersihkan sampah, tapi setelah bersih muncul lagi sampah yang dibuang oleh orang yang tidak jelas," kata Harsana yang mengaku sudah memasang banner larangan membuang sampah di tempat itu dan sosialiasi kepada warga, serta mengawasi tempat itu.

BACA JUGA: ASN Kulonprogo Diperingatkan Wajib Netral Dalam Pilkada

Ia menduga adanya tumpukan sampah itu berasal dari kiriman daerah lain. "Bahkan ada yang pernah melihat sampah dibuang dari atas jembatan Ngapak Kali Progo," ujarnya.

Pj. Bupati Kulonprogo, Srie Nurkyatsiwi mengatakan, "Masukan dan saran dari masyarakat sudah kami catat serta akan ditindaklanjuti."
Siwi menjelaskan, beberapa laporan serta keluhan masyarakat dijawab langsung. Namun, Siwi mengakui terdapat keluhan masyarakat yang tidak bisa langsung terealisasi serta terjawab. Lantaran, pihaknya perlu melakukan kajian serta pengecekan.

Kegiatan bertajuk Sapa Warga ini, menurut Siwi, bertujuan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, menerima saran dan masukan dari masyarakat. Dan, ternyata, edisi perdana Sapa Warga disambut antusias masyarakat, sebagian besar mengeluhkan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, UMKM, dan fenomena sosial di masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Intormatika (Kominfo) Kulon Progo, Agung Kurniawan SIP MSi acara Sapa Warga yang diinisiasi oleh Pj. Bupati Kulonprogo tersebut dihadiri 11 sebelas warga, secara bergantian menyampaikan aspirasi terkait jalan rusak, rambu-rambu lalulintas, UMKM, LPJU, sampah, pengangguran, kenakalan remaja, TBM dan kelembagaan koperasi.

Masyarakat perlu mendaftar dahulu untuk bisa mengikuti Sapa Warga. Pendaftaran bisa dengan datang langsung ke Pos Penjagaan Rumah Dinas Bupati Kulon Progo atau melalui tautan s.id/SapaWargaKP. Sapa Warga kembali digelar Jumat 05 Juli 2024. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pagi Ini, Gempa Bumi Tektonik 3,3 Magnitudo Kedalaman 10 Km Dirasakan di Tuban, Jawa Timur

News
| Sabtu, 29 Juni 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement