Advertisement

Satpol PP Kulonprogo Jalankan Program Sapta Tertib Sasar 30 Padukuhan

Triyo Handoko
Jum'at, 05 Juli 2024 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Satpol PP Kulonprogo Jalankan Program Sapta Tertib Sasar 30 Padukuhan Suasana pembentukan dan sosialisasiprogram Dusun Sapta Tertib di Kalurahan Jatirejo, Kapanewon Lendah. - ist - Dok Satpol PP Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Upaya meningkatkan ketertiban dilakukan Satpol PP Kulonprogo dengan menjalankan program Dusun Sapta Tertib. Program ini sudah menyasar 30 padukuhan yang merata di 12 kapanewon di Bumi Binangun.

Tujuan pembentukan Dusun Sapta Tertib juga untuk mengakomodasi partisipasi masyarakat Kulonprogo dalam menciptakan ketertiban. Aturannya tercantum dalam Perda No.4/2013 tentang Ketertiban Umum.

Terbaru pembentukan DUsun Sapta Tertib dilakukan Satpol PP Kulonprogo di Kalurahan Jatirejo, Kapanewon Lendah dan Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Wates. Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Satpol PP Kulonprogo, Rokhgiarto menyebut antusiasme masyarakat cukup tinggi dalam berpartisipasi pada program tersebut.

Rokhgiarto menceritakan saat pembentukan Dusun Sapta Tertib di Kalurahan Jatirejo, misalnya, warga sudah menginisiasi penyelesaian masalah material truk tambang berupa pasir dan tanah di wilayahnya yang kerap jatuh ke jalanan di sana.

"Soal masalah material tambang yang jatuh dan mengganggu jalan ini juga diselesaikan saat itu juga, kami menerima laporannya dan akan menertibkannya," ungkapnya.
Partisipasi lain juga ditunjukkan warga Kalurhan Ngestiharjo dengan menyampaikan keluhan soal bendera dan baliho di acara-acara tertentu yang kerap mengganggu publik.

Advertisement

BACA JUGA: Marak Pembuangan Sampah dari Kota ke Wilayah Bantul, Ini Kata Wakil Bupati Bantul

"Tujuan program ini memang memberikan akses partisipasi warga, agar masalah-masalah ketertiban yang ada tersalurkan dengan baik," jelasnya.

Melalui Dusun Sapta Tertib, jelas Rokhgiarto, juga dapat mengatasi keterbatasan personil dan sarana Satpol PP Kulonprogo terutama di wilayah-wilayah yang terpencil.

"Kondisi kami juga terbatas dengan Dusun Sapta Tertib ini kami dapat terfasilitasi memantau dan mengarahkan warga-warga yang aksesnya jauh, supaya ketertiban terpelihara di seluruh wilayah Kulonprogo," terangnya.
Dusun Sapta Tertib juga jadi sarana yang efektif, menurut Rokhgiarto, dalam mengedukasi warga pada tema-tema strategis seperti Pilkada.

"Kemarin di Ngestiharjo dan Jatirejo juga kami sampaikan untuk tetap menjaga ketertiban dan kondusif saat menghadapi Pilkada, kami pesankan mengutamakan musyawarah. Jika ada masalah dapat diselesaikan warga sendiri, jika sudah mentok dapat kami bantu menyelesaikannya," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jepang Dilanda Gelombang Panas hingga 40 Derajat Celsius

News
| Senin, 08 Juli 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement