Advertisement

Heri Susanto Dinilai Paham Terkait Pertanian Gunungkidul

Sunartono
Kamis, 11 Juli 2024 - 22:37 WIB
Sunartono
Heri Susanto Dinilai Paham Terkait Pertanian Gunungkidul Foto ilustrasi Heri Susanto saat melakukan pemantauan harga sembako di lapangan. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pilkada serentak akan digelar diberbagai wilayah di DIY. Parpol hingga komunitas masyarakat terus menimbang-nimbang siapa sosok yang akan diberikan dukungan.

Di Gunungkidul misalnya, Ketua Kelompok Tani Sumber Tetes Tumiran memberikan pendapatnya bahwa Gunungkidul sangat tepat dipimpin oleh sosok yang paham pertanian dan pariwisata. Alasannya sederhana, karena bumi Handayani memiliki peluang besar untuk pengembangan kedua sektor tersebut.

Advertisement

BACA JUGA : Luas Elektrifikasi Pertanian di Bantul Mencapai Tiga Ribu Titik

"Luas Gunungkidul ini lebih dari separuh dari luas DIY, potensi besarnya ada di sektor pertanian dan pariwisata, ini harus dimaksimalkan ke depan. Di luar itu sektor lain juga harus bisa dikembangkan seperti peternakan dan perikanan," ujarnya Rabu (10/7/2024)

Ia menilai banyak sosok yang memahami pertanian, akan tetapi menurutnya Heri Susanto yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Gunungkidul bisa menjadi salah satu alternatif. Menurutnya sosok tersebut memiliki pemahaman di bidang teknologi pertanian. Selain itu kerap turun lapangan dengan mendatangi kelompok tani untuk memantau perkembangan pertanian.

"Kalau dari sisi pertanian, Gunungkidul merupakan wilayah dengan topografi pegunungan berkapur yang selalu mengandalkan irigasi tadah hujan. Oleh karena itu membutuhkan pemimpin yang memahami betul teknologi pertanian, salah satunya mungkin Pak Heri Susanto," katanya .

Adapun di sektor pariwisata dengan besarnya potensi kawasan pantai selatan, menurutnya butuh seorang yang mumpuni untuk mengembangkannya. Keberadaan pantai selatan sebagai salah satu sumber daya alam pariwisata diharapkan bisa memberikan pendapatan ke daerah.

Tumiran menilai sosok yang dinilai paham soal pariwisata salah satunya yaitu Joko Prawoto. "Untuk sektor pariwisata, mungkin Pak Joko Prawoto, beliau adalah putra daerah yang memiliki akses besar untuk menarik investor bidang pariwisata," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Avtur di Indonesia Tertinggi se Asean, Bos AirAsia: 28 Persen Lebih Mahal dari Malaysia

News
| Minggu, 08 September 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement