Advertisement

Pemkab Bantul Dorong Peningkatan Produksi Pertanian dengan Penambahan Elektrifikasi

Stefani Yulindriani Ria S. R
Sabtu, 13 Juli 2024 - 07:27 WIB
Ujang Hasanudin
Pemkab Bantul Dorong Peningkatan Produksi Pertanian dengan Penambahan Elektrifikasi Foto ilustrasi elektrifikasi pertanian / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul akan menambah titik elektrifikasi pertanian di Bantul tahun 2024. Peningkatan titik elektrifikasi tersebut untuk mendukung peningkatan produksi pertanian.

Kepala DKPP Bantul, Joko Waluyo menyampaikan pihaknya berupaya melakukan intensifikasi pertanian dilakukan melalui berbagai mekanisme, salah satunya elektrifikasi lahan pertanian. Dia menuturkan tahun 2024 ada tambahan sekitar 300 titik elektrifikasi di Pantai Selatan (Pansela) dari APBD Bantul tahun 2024. Selain itu, menurut Joko, tahun ini pihaknya mengajukan elektrifikasi 800 titik dari Corporate Social Responsibility (CSR).

Advertisement

Dia menuturkan elektrifikasi dapat menghemat hingga 70 persen bahan bakar minyak (BBM) yang digunakan untuk mengairi lahan pertanian. 

Dia menuturkan di area Pansela, elektrifikasi digunakan sebagai besar untuk pertanian bawang merah lahan pasir. Dia berharap semakin banyak lahan pertanian yang menerapkan elektrifikasi, sehingga terjadi peningkatan produksi pertanian. 

"Intensifikasi pertanian harus terus kita lakukan dengan penemuan teknik [pertanian] baru, fasilitasi SDM pertanian, supaya usaha pertanian bisa efisien," katanya dalam Bantul Agro Expo, di Pasar Hewan Imogiri, Kamis (11/7/2024).

BACA JUGA: Luas Elektrifikasi Pertanian di Bantul Mencapai Tiga Ribu Titik

Dia menuturkan selama ini Pemkab Bantul juga telah memberikan insentif pembebasan PBB hingga 70 persen kepada petani. 

"Asal mempertahankan lahan pertanian itu kami berikan pembebasan [PBB] sampai 70 persen, subsidi pupuk benih obat-obatan, bantuan alat pertanian," katanya.

Sebelumnya telah ada sekitar 3 ribu titik elektrifikasi lahan pertanian. Joko menilai elektrifikasi dapat Dia berharap ke depan semakin banyak lahan pertanian yang menggunakan elektrifikasi. 

Dia menyampaikan penggunaan elektrifikasi di lahan pertanian digunakan untuk penanaman tanaman pangan dan hortikultura.

Menurutnya, saat ini hampir di seluruh kapanewon di Bantul telah menggunakan elektrifikasi. Elektrifikasi juga ditemukan terutama di wilayah Imogiri, Kretek, Sanden, Srandakan, dan Pajangan.

"Kami berharap bisa membantu petani dengan adanya elektrifikasi ini, terutama di lahan pasir, sehingga pendapatan petani bisa meningkat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Avtur di Indonesia Tertinggi se Asean, Bos AirAsia: 28 Persen Lebih Mahal dari Malaysia

News
| Minggu, 08 September 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement