Advertisement

SMAN 3 Yogyakarta Angkat Dolanan Tradisional lewat Gelar Karya

Media Digital
Kamis, 15 Agustus 2024 - 18:47 WIB
Maya Herawati
SMAN 3 Yogyakarta Angkat Dolanan Tradisional lewat Gelar Karya Acara P5 X Pagelaran bertajuk Wilasa Apatya di SMAN 3 Yogyakarta Kamis (15/8/2024). - Harian Jogja - Anisatul Umah

Advertisement

JOGJA—SMAN 3 Yogyakarta menggelar acara P5 X Pagelaran bertajuk Wilasa Apatya yang merupakan bagian dari sinergi kurikulum nasional dan program kerja OSIS, Kamis (15/8/2024). Wilasa Apatya berasal dari dua kata Wilasa artinya dolanan dan Apatya artinya anak.

Plt Kepala Sekolah SMAN 3 Yogyakarta, Suhirno mengatakan ini merupakan rangkaian kegiatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), saat ini fasenya untuk kelas 10.

Advertisement

OSIS SMAN 3 Yogyakarta sudah lama memiliki kegiatan pagelaran yang pemeran utamanya adalah siswa-siswi kelas 10.

Dia menjelaskan kegiatan ini memberikan keleluasaan kepada siswa untuk menunjukkan kreativitas, talenta, dan lebih peka dalam melihat situasi yang fenomenal di lingkungan masyarakat.

Mereka diminta untuk mengamati kegelisahan apa yang terjadi di masyarakat. Dampak modernisasi ternyata secara perlahan melenyapkan permainan tradisional.

"Spesial tahun ini adalah kolaborasi dengan pagelaran, pagelaran adalah event rutin yang harus ditempuh adik kelas," tuturnya ditemui di sela-sela acara.

Salah satu permainan tradisional yang diangkat adalah Cublak Cublak Suweng diiringi lagu-lagu. Tanpa disadari syair lagu itu mengajarkan tentang kebijaksanaan, kejujuran, tidak boleh serakah, dan lainnya. Sehingga perlu dilestarikan.

Menurutnya ini menjadi bentuk kritik sosial atas kegelisahan tersebut. Diwujudkan dalam sajian yang menghibur didukung dengan kegiatan-kegiatan lain.

Rangkaian acara ini merupakan sinergi antara kelas minat seni teater, seni musik, seni tari, seni rupa, dan fesyen lewat pertunjukkan teater bertema Dolanan Anak.

BACA JUGA: Dua Belas Baju Adat Indonesia Ini Pernah Dikenakan Presiden Jokowi dalam Upacara 17 Agustus

Kemudian minat teknologi informasi membuat game permainan tradisional dan kelas minat boga menjual aneka makanan tradisional.

"Harapan kami anak-anak semakin merasa senang mengikuti projek P5. Sehingga memunculkan generasi yang tangguh, kreatif, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan lewat kegiatan ini siswa-siswi tidak lagi takut melakukan sesuatu atas dasar pengalaman dan kontekstual. Bukan sesuatu yang mengada-ada dan tidak ada gunanya, tapi segala sesuatu yang menyangkut persoalan nyata dan mereka mencoba mencari solusinya.

Ketua Panitia, Aqila Nafie El Nazir menyampaikan semua karya ini digarap selama dua pekan oleh siswa kelas 10 SMAN 3 Yogyakarta. Dia menjelaskan dari kakak kelas memberikan tugas untuk menggelar pagelaran. Kebetulan pagelaran tahun ini kolaborasi dengan P5 tentang kearifan lokal.

Setelah dilakukan diskusi diangkatlah tema besar Wilasa Apatya. Atas dasar kegelisahan melihat permainan-permainan tradisional yang mengalami penurunan dalam hal intensitas dan penggunaannya bagi anak-anak.

"Karena keresahan itu kami angkat tema ini sebagai tema besar kolaborasi P5 dan pagelaran," jelasnya.

Aqila mengatakan dolanan anak ini perlu dilestarikan sebab setelah dikulik ada banyak manfaat, filosofis, dan sarat makna.

Misalnya Cublak Cublak Suweng mengajarkan untuk menggunakan hati nurani dalam mencapai tujuan. Ia menyebut permainan-permainan tradisional pasti punya makna di dalamnya. "Ini sangat relevan dengan masyarakat tradisional hingga modern," katanya. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement