Advertisement

Pastikan Keamanan Pilkada, Polres Gunungkidul Bikin Simulasi Kerusuhan

Triyo Handoko
Jum'at, 23 Agustus 2024 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Pastikan Keamanan Pilkada, Polres Gunungkidul Bikin Simulasi Kerusuhan Suasana simulasi kerusuhan dalam Pilkada Gunungkidul yang diselenggarakanPolres untuk meningkatkanpengamanan pesta demokrasi itu, Jumat (23/8/2024). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Polres Gunungkidul menggelar simulasi kerusuhan untuk memastikan keamanan Pilkada 2024 di Halaman Parkir Pasar Hewan Siyono, Jumat (23/8/2024) pagi. Puluhan orang memeriahkan simulasi tersebut yang berperan sebagai perusuh.

Puluhan personel Polres Gunungkidul dalam simulasi ini berperan meredam kerusuhan tersebut.

Advertisement

Kapolres Gunungkidul, AKBP Ary Murtini menjelaskan simulasi ini melibatkan sejumlah pihak seperti Polda DIY hingga Satpol PP Gunungkidul.

Ary menyebut personelnya sudah siap dalam pengamanan Pilkada agar gelaran ini berjalan damai dan lancar. "Sudah kami sampaikan agar personil yang bertugas dalam pengamanan Pilkada ini untuk senantiasa menjaga kesehatan," terangnya.

Kolaborasi pengamanan agar Pilkada berjalan kondusif, jelas Ary, perlu diupayakan bersama. "Selama simulasi keselamatan juga jadi prioritas dalam pengamanan," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Samapta Polda DIY, AKBP Hendra Sukaca yang turut hadir dalam simulasi kerusuhan ini menjelaskan kegiatan tersebut sebagai upaya peningkatan dan pelatihan untuk menunjang pengamanan Pilkada Gunungkidul.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Forkompimda yang telah mengambil inisiatif sesuai tupoksi masing-masing," ujarnya.
Hendra menerangkan pihaknya juga sudah menyiapkan tim khusus yang ditempatkan ke seluruh kandidat Pilkada. "Tim khusus ini bertugas melakukan pemantauan pada saat kampanye yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 60 hari," paparnya.

Sinergitas pengamanan Pilkada, jelas Hendra, juga akan ditingkatkan dengan berbagai pihak yang memiliki peran beririsan. "Kontribusi seluruh pihak dalam pengamanan dan menjaga kekondusifan sangat penting dan strategis, sehingga diperlukan kerja sama dan saling koordinasi," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ramai Soal Akun Fufufafa, Sufmi: Prabowo Tak Pernah Mempersoalkan

News
| Kamis, 12 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement