Advertisement

Gali Potensi Pariwisata Gunungkidul, Dispar Gelar Lomba Video Ekonomi Kreatif

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 30 Agustus 2024 - 20:17 WIB
Maya Herawati
Gali Potensi Pariwisata Gunungkidul, Dispar Gelar Lomba Video Ekonomi Kreatif Ilustrasi pembuatan video kreatif di tempat wisata - Foto dibuat oleh AI - StockCake

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul menggelar lomba video ekonomi kreatif dan poster inovasi dengan total hadiah senilai Rp54 juta yang berlangsung mulai 2 September–29 September 2024.

Total hadiah tersebut terbagi untuk tiga pemenang untuk masing-masing lomba. Juara pertama mendapat Rp10 juta, juara kedua Rp9 juta dan juara ketiga Rp8 juta.

Advertisement

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Industri Pariwisata Dispar Gunungkidul, Hari Susanto mengatakan kompetisi tersebut dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk bersama-sama berkreasi dan mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang unggul di Kabupaten Gunungkidul.

Tema umum kompetisi itu adalah Mengembangkan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Gunungkidul. Pemilihan tema ini, kata dia merupakan implementasi Peraturan Daerah tentang Ekonomi Kreatif yang baru ditetapkan tahun ini untuk mengembangkan Sumber Daya Parekraf di Gunungkidul.

BACA JUGA: Ramai Tudingan Gratifikasi di Medsos, KPK Siap Mengklarifikasi Kaesang

Adapun peserta terbuka untuk umum dan peserta bebas memilih sub tema yang ada. Dari tema tersebut terbaru menjadi 17 subsektor.

Peserta dapat memilih salah satu untuk fokus kemudian dikembangkan sebagai bentuk karya inovasi. Peserta yang tertarik mengikuti kompetisi dapat mengakses informasi mengenai alur dan syarat pendaftaran di https://creatour.id.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Oneng Windu Wardana mengatakan penyelenggaraan kompetisi tersebut dibiayai oleh dana keistimewaan (Danais) DIY 2024.

“Ini pertama kalinya diselenggarakan menggunakan Danais. Tahun 2024 ini peserta memang kami targetkan lebih dari 100 dari seluruh wilayah DIY untuk mengikuti ajang kompetensi ini. Kalau 2023 lalu peserta hanya lingkup wilayah Gunungkidul saja,” kata Windu dikonfirmasi, Jumat, (30/8).

Pada acara puncak kompetisi, Minggu, (29/9), kata dia akan diadakan awarding dan penyerahan hadiah kompetisi bersamaan dengan peringatan World Tourism Day (WTD) yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Gunungkidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Mahasiswa Unhan Ditetapkan Jadi Komcad Matra Darat

News
| Kamis, 19 September 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement