Advertisement

Segini Panjang Ruas Tol Jogja-Solo yang Akan Diresmikan Jokowi Besok

Catur Dwi Janati
Rabu, 18 September 2024 - 14:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Segini Panjang Ruas Tol Jogja-Solo yang Akan Diresmikan Jokowi Besok Pintu masuk tol Solo Jogja Gerbang Tol (GT) Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah. Abdul Hamid Razak - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Rencana peresmian Tol Jogja-Solo Seksi 1 Paket 1.1 Kartasura-Klaten sudah dipastikan oleh PT. Jasamarga Jogja-Solo (JMJ) pada Kamis (19/9/2024) sore. Pembukaan jalan bebas hambatan sepanjang 22,3 kilometer ini rencananya diresmikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Panjang jalan Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 1 Paket 1.1 Kartasura-Klaten yang diresmikan Jokowi membentang sejauh 22,3 dari Kartasura hingga Ngawen, Klaten. Di sepanjang ruas tersebut, ada tiga Gerbang Tol (GT) yang bisa dilewati para pengendara.

Advertisement

BACA JUGA: Hore! Tol Jogja-Solo Diresmikan Jokowi, Catat Akses Pintu Keluar Masuknya

Pertama, GT Banyudono di Kabupaten Boyolali yang bisa menjadi pintu opsi masuk dari arah Kartasura. Kedua, GT Polanharjo yang berada Kecamatan Ceper, Klaten.

Kemudian, GT Klaten yang berada di Kecamatan Ngawen, Klaten yang bisa menjadi pintu keluar pengendara yang masuk dari arah Solo.

Ketiga gerbang di atas bisa digunakan pengendara untuk masuk maupun keluar dari Tol Jogja-Solo. Selain ketiga gerbang tersebut, ada pula GT Colomadu yang merupakan jalur bagi pengendara Tol Trans Jawa yang ingin menyambung ke Tol Jogja-Solo.

Bagi pengendara dari Boyolali atau Solo, bisa masuk ke Tol Jogja-Solo via gerbang tol Banyudono, Boyolali. Namun bagi para pengemudi yang melintas dari Tol Trans Jawa bisa mengambil jalur GT Colomadu yang mengarah langsung ke Tol Jogja-Solo.

Khusus GT Colomadu, jalur ini bakal berpotensi menjasi opsi utama bagi para pengendara dari arah jalan Tol Trans Jawa, seperti pengendara dari Tol Solo-Semarang dari arah barat atau bagi pengendara dari Tol Solo-Ngawi yang bertolak dari arah Jawa Timur.

Diberitakan sebelumnya, Staf Ahli Direksi PT. JMJ Bidang Pengadaan Tanah, Muhammad Amin membenarkan bila peresmian Tol Jogja-Solo ruas Kartosuro-Klaten akan berlangsung pada Kamis (19/9/2024) pukul 15.00 WIB.

"Besok jam tiga sore, diresmikan oleh Pak Jokowi," tegas Amin ditemui pada Rabu (18/9/2024) di Kantor Kalurahan Tirtoadi.

"Itu kalau orang dari Solo atau dari Boyolali masuknya ke Banyudono. Tapi kalau dari [tol] Trans Jawa dia langsung keluar Colomadu lurus overpass jembatan itu terus lurus [ke Tol Jogja-Solo]," tegasnya.

Secara umum Amin menyebabkan penggarapan Tol Jogja-Solo yang diresmikan masih sesuai target. "Ya masih sesuai lah," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dikunjungi Ridwan Kamil-Suswono, Ini yang Dijanjikan SBY

News
| Kamis, 19 September 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement