Advertisement

BEDAH BUKU: Dukung Tumbuh Kembang Anak yang Ideal lewat Literasi

Media Digital
Selasa, 24 September 2024 - 22:37 WIB
Arief Junianto
BEDAH BUKU: Dukung Tumbuh Kembang Anak yang Ideal lewat Literasi Agenda bedah buku berjudul Mendukung Pertumbuhan Anak Ideal. Dengan Gizi sehat atasi Stunting yang digelar di Joglo Dalijan, Mayangan, Kalurahan Trihanggo, Kapanewon Gamping, Sleman, Selasa (24/9/2024). - Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Upaya mendukung pertumbuhan anak terus dilakukan sejumlah instansi sesuai dengan ketugasan masing-masing.

Di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY, upaya mendukung pertumbuhan anak yang ideal dibahas dalam agenda bedah buku bersama warga. Program pendidikan literasi dianggap bisa menjadi bekal bagi masyarakat untuk mendukung pertumbuhan anak yang ideal dan mencegah terjadinya stunting.

Advertisement

Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Statis DPAD DIY, Rakhmat Sutopo, mengungkapkan untuk tahun ini, agenda bedah buku yang diinisiasi DPAD DIY telah menyasar 178 lokasi dari 222 sasaran. Angka ini menunjukkan bagaimana luasnya cakupan upaya meningkatkan minat baca masyarakat yang telah dilaksanakan di ratusan lokasi di Bumi Mataram.

"Kami ingin pemerataan [minat baca] sekaligus ingin masyarakat benar-benar merasakan manfaat dari membaca, sehingga topik-topik yang dibahas juga dekat dengan kebutuhan masyarakat," kata Sutopo dalam agenda bedah buku berjudul Mendukung Pertumbuhan Anak Ideal dengan Gizi sehat atasi Stunting yang digelar di Joglo Dalijan, Mayangan, Kalurahan Trihanggo, Kapanewon Gamping, Sleman, Selasa (24/9/2024).

"Termasuk hari ini [kemarin] masalah stunting, masalah kesehatan anak ini sesuatu yang penting sekali. Masa depan kita berasal dari anak-anak ini. Kalau tidak disiapkan sejak dini, kita yang akan repot," katanya.

Sesuai ketugasan yang dimiliki, DPAD DIY berupaya ikut serta dalam pengembangan pertumbuhan anak dan penekanan stunting melalui literasi.

Harapannya dengan bekal pengetahuan yang didapat orang tua melalui bahan bacaan, angka kejadian stunting dapat dicegah. "Kami ikut berupaya menekan stunting dari sisi literasi, sehingga masyarakat lebih memahami pentingnya pendidikan anak," katanya.

Anggota DPRD DIY, Anton Prabu Semendawai, mengatakan pertumbuhan anak yang ideal tak lepas dari peran lingkungan. Tak hanya orang tua, lingkungan yang baik dapat menjadi tempat tumbuh kembang anak. "Mendidik anak juga tugas lingkungan, tidak hanya orang tua. Kalau lingkungan mendukung untuk pertumbuhan anak, otomatis anak akan happy," katanya.

Lingkungan yang ramah anak, sehat dan bersih, menurut Anton, juga berpengaruh pada tumbuh kembang anak. "Tempat dan sanitasi sangat penting, karena anak sehat tidak hanya di rumah saja atau dari makanan, tetapi juga dari sanitasi rumah dan lingkungan," ujarnya.

Dia berharap buku yang dibedah bisa menjadi bahan diskusi di tengah keluarga maupun di masyarakat. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PDIP Merapat ke Koalisi Prabowo? Puan: Tak Ada yang Tak Mungkin

News
| Selasa, 24 September 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Melihat Destinasi Wisata Stroberi di Kaki Rinjani, Selalu Ramai Pengunjung

Wisata
| Selasa, 24 September 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement