Advertisement

Tekan Inflasi, Pemkot Jogja Kerja Sama dengan Blitar Penuhi Kebutuhan Telur Ayam

Alfi Annisa Karin
Kamis, 03 Oktober 2024 - 16:47 WIB
Sunartono
Tekan Inflasi, Pemkot Jogja Kerja Sama dengan Blitar Penuhi Kebutuhan Telur Ayam Pembahasan draft kerja sama antara Pemkot Jogja dengan Kabupaten Blitar terkait dengan pemenuhan pasokan telur ayam guna menekan angka inflasi di Kota Jogja / Dokumentasi Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Pemkot Jogja menindaklanjuti kerja sama dengan Kabupaten Blitar dalam rangka pemenuhan kebutuhan telur ayam di Kota Jogja. Ini ditandai dengan pembahasan draft perjanjian kerja sama yang sebelumnya kerja sama itu sudah sempat ditanda-tangani pada Juni 2024 lalu. Pasokan telur ayam yang didatangkan dari Blitar ini merupakan upaya untuk menekan angka inflasi di Kota Jogja.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Jogja Kadri Renggono turut memimpin pembahasan draft kerja sama Kota Jogja-Blitar yang digelar beberapa waktu lalu. Kadri mengatakan pembahasan ini merupakan bagian untuk memperkuat secara legal formal kerja sama itu. Sekaligus memperkuat mekanisme pasar yang telah berjalan. Kadri menuturkan, dari pembahasan ini Pemkab Blitar telah menetapkan delapan koperasi yang nantinya akan bertindak sebagai pemasok telur ayam ras.

Advertisement

“Sedangkan untuk Kota Jogja akan mengondisikan dan melakukan pendekatan terkait penerimaan pasokan telur tersebut di beberapa tempat seperti Kios Segoro Amarto, Warung Mrantasi, dan toko-toko retail. Telur-telur ini nantinya sangat dibutuhkan para pelaku UMKM di Kota Jogja, misalnya banyak digunakan oleh para pedangan bakmi Jawa," ujar Kadri.

Sementara, Kabid Ketersediaan Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Jogja Sri Riswanti menjelaskan kebutuhan telur ayam di Kota Jogja mencapai 600-700 ton. Kebanyakan, pasokan telur ayam didatangkan dari Kabupaten Sleman dan Kota Surakarta. Banyaknya pasar di Kota Jogja dan jumlah pedagang di dalamnya menjadikan Kota Jogja pasar yang besar untuk business to business dengan wilayah lain terkait dengan pasokan telur ayam.

“Terdapat 29 pasar di Kota Jogja dengan 15 ribu pedagang, 29 pasar ini mayoritas menjual bahan pangan. Jadi Kota Jogja adalah market yang besar untuk business to business penjualan telur ayam ras," tutur Riswanti.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Blitar Krisna Triatmanto mengatakan pada tahun 2023 produksi telur ayam di Kabupaten Blitar mencapai 141.300 ton. Sedangkan produksi telur bebek mampu menyentuh 9.600 ton, Sementara, produksi telur entok sebanyak 8.000 ton. Dia berharap kerja sama yang terjalin antara Kota Jogja dan Kabupaten Blitar ini dapat diperluas dalam bidang lainnya.

"Tidak hanya untuk komoditas telur ayam ras, tetapi dapat ditambah dengan komoditas lainnya," ungkap Krisna. (Alfi Annissa Karin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Hari Batik, InJourney Destination Management Menghadirkan Distrik Batik di Prambanan

News
| Kamis, 03 Oktober 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Ketinggian Puncak Gunung Everest Bertambah, Ini Penjelasannya

Wisata
| Selasa, 01 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement