Advertisement

Pimpinan DPRD Bantul Diumumkan, Hanung Raharjo Berpeluang Jadi Ketua 3 Periode Berturut-turut

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 07 Oktober 2024 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Pimpinan DPRD Bantul Diumumkan, Hanung Raharjo Berpeluang Jadi Ketua 3 Periode Berturut-turut Gedung DPRD Bantul. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Selangkah lagi, Pimpinan DPRD Bantul akhirnya resmi ditetapkan. Pengumuman pimpinan DPRD Bantul definitif tersebut dilakukan lewat Sidang Paripurna yang digelar di Ruang Sidang DPRD Bantul, Senin (7/10/2024), sementara penetapannya masih menunggu surat dari Gubernur DIY.

Sidang paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua dan Wakil Ketua Sementara DPRD Bantul dengan agenda mengumumkan pimpinan DPRD Bantul untuk lima tahun mendatang.

Advertisement

Pucuk pimpinan DPRD Bantul berpedoman pada hasil perolehan suara terbanyak pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 lalu.

Adapun, hasil suara terbanyak, posisi Ketua DPRD Bantul diduduki oleh Hanung Raharjo dari Fraksi PDI Perjuangan. Partai berlogo banteng moncong putih itu meraih 12 kursi atau 165.118 suara. Dengan begitu, Hanung menjadi ketua DPRD Bantul tiga periode berturut-turut.

Hanung mengatakan, tahap selanjutnya, pihaknya akan membuat surat keputusan dan akan dikirim ke bupati Bantul untuk dimintakan persetujuan penetapan pimpinan DPRD Bantul oleh gubernur DIY. Kemudian, dari situ akan ditindaklanjuti dalam rapat paripurna. 

“Maksimal 7 hari bupati Bantul mengirim surat ke gubernur DIY. Kemudian maksimal 14 hari gubernur DIY memberikan jawaban surat tersebut,” katanya, Senin (7/10/2024).

BACA JUGA: DPP PKB Tunjuk Suradal Jadi Wakil Ketua I DPRD Bantul

Dia mengaku bersyukur atas terpilihnya dia sebagai anggota Dewan untuk lima tahun mendatang. Apalagi kini dia menjabat Ketua Dewan selama tiga periode beruntun. "Selaku wakil rakyat, kami akan melakukan yang diharapkan oleh masyarakat," ujarnya.

Sementara untuk posisi Wakil Ketua, masing-masing diduduki oleh Suradal (F-PKB) di posisi Wakil Ketua 1; Titis Ajeng Ganis Maretti (F-PKS) di posisi Wakil Ketua 2; dan Agung Laksmono (F-Gerindra) sebagai Wakil Ketua 3

Pada Pileg 2024, PKB mendapat 7 kursi atau 95.541 suara, PKS sendiri mendapat 6 kursi atau 72.813 suara, sementara Partai Gerindra mendapat 6 kursi atau 63.405 suara.

Sebagai satu-satunya perempuan yang duduk di kursi pimpinan DPRD Bantul periode 2024-2029. Titis mengaku hal itu tidak menjadi kendala untuknya.  “Harapannya bisa amanah dan bekerja sesuai dengan koridornya agar tidak menyimpang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tingkatkan Kualitas Layanan, PAFI Bekasi Gandeng BPOM

News
| Senin, 07 Oktober 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement