Advertisement

Pedagang Teras Malioboro 1 Difasilitasi Temu Bisnis untuk Perbanyak Variasi Produk yang Dijual

Newswire
Rabu, 16 Oktober 2024 - 12:27 WIB
Sunartono
Pedagang Teras Malioboro 1 Difasilitasi Temu Bisnis untuk Perbanyak Variasi Produk yang Dijual Pedagang Teras Malioboro 1 difasilitasi Temu Bisnis dengan berbagai produsen pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Hotel Grage, Malioboro Jogja, Selasa (15/10/2024). Kegiatan tersebut untuk meningkatkan variasi produk yang dijual di Teras Malioboro 1. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pedagang Teras Malioboro 1 difasilitasi Temu Bisnis dengan berbagai produsen pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Hotel Grage, Malioboro Jogja, Selasa (15/10/2024). Kegiatan tersebut untuk meningkatkan variasi produk yang dijual di Teras Malioboro 1.

Kepala UPT Balai Layanan Bisnis UMKM, Dinas Koperasi UKM DIY Hellen Phornica mengatakan kegiatan itu mempertemukan antara pedagang dengan kelompok UKM dengan produk yang belum ditemukan di Teras Malioboro 1. Melalui pertemuan tersebut diharapkan terjadi saling komunikasi hingga terjalin kesepakatan saling menguntungkan dari kedua belah pihak.

Advertisement

BACA JUGA : Pemda DIY Pastikan Dampingi Pedagang Teras Malioboro Kembangkan Usahanya

"Tenan [pedagang] yang mengikuti ini teah melalui tahapan, ada 16 angkatan. mereka sudah diajak ke tempat usaha produksi ke tempat UKM yang kebetulan merupakan binaan Dinas Koperasi UKM DIY," katanya.

Ia memastikan produk UKM tersebut cocok dan belum ditemukan di Teras Malioboro 1. Dengan demikian ke depan variasi produk yang dijual di Teras Malioboro terus bertambah dan semakin banyak pilihannya bagi wisatawan.

"Jangan sampai produknya sama dengan saat masih di selasar dulu, itu-itu saja. Tentu UKM yang kami ajak ini produknya tidak ada yang dijual di Teras Malioboro. Harapannya bisa terjadi kesepakatan, produk UKM ini bisa dijual oleh tenant," ucapnya.

Adapun UKM tersebut menghasilan produk berupa kerajinan dan fesyen. Hellen mencontohkan khusus untuk fesyen dipastikan merupakan produk yang berbeda dengan fesyen yang selama ini dijual pedagang. Begitu juga dengan produk kerajinan yang lebih kekinian dengan menyesuaikan tren permintaan konsumen.

"Karena UKM ini juga telah melalui proses kurasi. Selain itu UKM ini memproduksi secara mandiri atau langsung produsen pertama, sehing soal harga bisa dinegoisasi untuk saling menguntungkan baik pedagang maupun UKM produsennya," ujarnya.

BACA JUGA : Sambut Akhir Tahun, Festival Oleh-Oleh Digelar di Teras Malioboro 1

Hellen menegaskan kegiatan semata-mata digelar agar memberikan manfaat kepada para pedagang dan penjualannya bisa terus meningkat melalui variasi produk. "Sehingga keberadaan Teras Malioboro ini bisa memberikan dampak kesejahteraan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

115.000 Personel Gabungan TNI-Polri Kawal Pelantikan Prabowo-Gibran

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement