Advertisement

Kalurahan Gari Mewakili Gunungkidul untuk Percontohan Desa Anti Korupsi

Andreas Yuda Pramono
Senin, 21 Oktober 2024 - 20:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Kalurahan Gari Mewakili Gunungkidul untuk Percontohan Desa Anti Korupsi Korupsi - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kalurahan Gari, Kapanewon Wonosari, Gunungkidul mewakili Bumi Handayani dalam Penilaian Percontohan Desa Anti Korupsi 2024. Penilaian dilakukan langsung di Kalurahan Gari oleh Inspektorat DIY, Senin, (21/10/2024).

Sekretaris Daerah Gunungkidul, Sri Suhartanta mengatakan Kalurahan Gari lebih dulu mendapat pembinaan Desa Anti Korupsi dari Direktorat Komisi Pemberantasan Korupsi. Saat ini, lanjutnya, kalurahan tersebut sedang menjalani evaluasi dan penilaian Desa Anti Korupsi.

Advertisement

BACA JUGA: Sri Gethuk Jadi Destinasi Edukasi di Pamsimas Water Adventure 2024

Penilaian bukan hanya dilakukan Inspektorat DIY namun juga Sekretaris Daerah, Bagian Biro Pemerintahan Setda, dan perangkat daerah terkait. Suhartanta mengaku Pemkab Gunungkidul akan melakukan upaya dalam rangka mendorong pembentukan Desa Anti Korupsi di 144 kalurahan yang ada di Gunungkidul.

Menurut dia, tindak korupsi berjalan bersama dengan tindak gratifikasi, pungutan liar, dan penyimpangan aturan. Hal-hal ini yang coba diupayakan Pemkab agar berhenti di tingkat masyarakat.

Dia berharap tata kelola pemerintah desa, pembangunan desa dapat dijalankan secara transparan dan akuntable, sehingga meningkatkan kemanfaatan, kesejahteraan masyarakat, dan taraf hidup masyarakat.

Hal yang tidak kalah penting adalah penanaman nilai-nilai integritas dan kejujuran kepada Lurahan dan perangkat kalurahan lain. Dengan begitu, implementasi nilai-nilai tersebut dapat dilakukan secara efektif-efisien di tengah masyarakat.

“Kalurahan Gari itu sejak 2024 masih binaan dari Pemerintah Kabupaten. Lalu kami evaluasi untuk maju tingkat DIY. Nanti baru diusulkan DIY ke KPK RI,” kata Suhartanta dihubungi, Senin, (21/10/2024).

Inspektur Inspektorat Daerah Gunungkidul, Saptoyo mengaku memang belum ada percontohan Desa Anti Korupsi di Gunungkidul. Kalurahan Gari berhasil melaju ke penilaian tingkat DIY setelah mendapat nilai tinggi di setiap variabel mengalahkan Kalurahan Pacarejo, Semanu dan Pulutan, Wonosari.

Ketua Tim Penilai perwakilan Provinsi DIY, Totok Purwoirawan mengatakan sudah ada Desa Anti Korupsi di DIY yang ditetapkan pada 2021, yaitu Kalurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul. Harapannya, Kalurahan Gari menyusul menjadi Desa Anti Korupsi.

Terang Totok, penilaian Desa Anti Korupsi juga bertujuan untuk memperkuat program pemberantasan tindak korupsi dari sisi pencegahan. Pencegahan dimulai dari level desa/ kalurahan.

“Dari tiga Kalurahan yang kami ajukan di antaranya Kalurahan Pacarejo, Kalurahan Pulutan, dan Kalurahan Gari, alhamdulillah terpilih mewakili dari masing-masing Kabupaten adalah Kalurahan Gari. Setelah penilaian ini jika memenuhi syarat, Gari akan diajukan ke KPK untuk dilakukan penilaian akhir oleh KPK sebelum dijadikan desa percontohan anti korupsi,” kata Totok.

Penilaian ini, kata dia tidak hanya kelengkapan administrasi saja namun hingga pemahaman seluruh pemangku kepentingan mulai dari perangkat kalurahan hingga masyarakat tentang berbagai regulasi, APBKal, pelayanan publik, program kegiatan kalurahan, dan program anti korupsi yang ada di Kalurahan.

Tim Penilai juga akan melakukan kunjungan lapangan, yang meliputi kunjungan ke BUMKal, proyek pembangunan, dan klarifikasi kepada masyarakat atas pembangunan yang dilaksanakan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Mendalami Kesaksian Sandra Dewi Terkait 88 Tas Mewah dalam Kasus Dugaan Korupsi Timah Harvey Moeis

News
| Senin, 21 Oktober 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement