Advertisement

Mahasiswa UII Latih Warga Hasilkan Bio Pestisida dari Limbah Pinus

Bhekti Suryani
Senin, 27 Agustus 2018 - 23:50 WIB
Bhekti Suryani
Mahasiswa UII Latih Warga Hasilkan Bio Pestisida dari Limbah Pinus Mahasiswa UII bersama Warga Desa Pogalan, Megelang dalam kegiatan pengabdian masyarakat belum lama ini. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII yang terdiri dari Dwi Adi Purnama, Nashtiti Aliafari, Febri Wahyudi, Bella Azis Dewanti Putri (Prodi Teknik Industri) dan Diora Ananda (prodi Teknik Kimia) dengan dosen pembimbing Vembri Noor Helia berhasil melatih kelompok tani dan Karangtaruna dalam pengolahan limbah pinus menjadi bio pestisida asap cair dan spray sepatu anti bakteri.

Dwi Adi Purnama mengatakan potensi desa Pogalan Magelang yang memiliki lahan pinus hingga 60 hektare menghasilkan limbah pinus yang semakin banyak serta adanya permasalahan hama tanaman sayur. Sehingga dibutuhkan solusi dalam mengatasi masalah tersebut melalui pengolahan limbah pinus menjadi bio pestisida asap cair dan pelatihan pembuatan wirausaha baru yaitu spray sepatu antibakteri.

Advertisement

"Hasil yang dicapai dari program ini, kelompok tani dapat memahami dan membuat secara langsung asap cair dari limbah pinus, daun dan kembangpinus sebanyak 1,5 liter, yang mana bisa dibuat 15 liter bio pestisida siap pakai," ungkapnya, Senin (27/8/2018).

Selanjutnya kelompok tani dapat mengimplementasikan hasil bio pestisida untuk mengatasi hama tanaman sayur seperti serangga dan jamur. Karangtaruna juga dapat menghasilkan produk khas Desa Pogalan berupa spray sepatu antibakteri yang menjadi salah satu peluang usaha baru. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement