Advertisement

Polda DIY Datangi Wedomartani, Temukan Banyak Warga Terserang Ini

Irwan A Syambudi
Selasa, 18 September 2018 - 20:17 WIB
Nina Atmasari
Polda DIY Datangi Wedomartani, Temukan Banyak Warga Terserang Ini Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Dalam rangkaian HUT Polisi Lalu Lintas ke-63, Direktorat Lalu Lintas bersama Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda DIY mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis. Ratusan warga antusias memanfaatkan layanan tersebut.

Pemeriksaan kesehatan gratis dilakukan di Dusun Kepuh, Wedomartani, Ngemplak, Sleman pada Selasa (18/9/2018). Kepala Desa Wedomartani Teguh Budianto mengatakan layanan pemeriksaan kesehatan cukup membantu masyarakat. Pasalnya tidak semua warga di desanya dapat berobat ataupun melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Dengan adanya layanan kesehatan dari kepolisian ini menurutnya sangat bermanfaat. Hal ini terbukti dengan banyaknya warga yang hadir untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. “Ada sekitar 300 masyarakat dan diutamakan lansia yang diperiksa kesehatannya," kata dia.

Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda DIY AKBP Tri Iriani menambahkan, selain pemeriksaan kesehatan gratis, pihaknya juga telah mengadakan berbagai aksi sosial lainnya. Seperti penyaluran air bersih di Gunungkidul belum lama ini.

Dengan pemeriksaan kesehatan ini, pihaknya  ingin mengajak masyarakat memastikan kesehatannya sebelum berkendara. Sehingga saat berkendara, tubuh benar-benar dalam kondisi fit.

“Selain kesehatan diri kita sendiri, kondisi kendaraan juga harus dicek sebelum dipakai. Dan menaati peraturan yang ada,” katanya.

Sementara itu, Kabid Dokkes Polda DIY AKBP Budi Prasetyo mengatakan dalam pelayanan tersebut diberikan vitamin secara gratis. Warga juga mendapatkan beragam obat sesuai penyakit. Selain kesehatan umum juga ada pemeriksaan laboratorium untuk keluhan lanjutan.

Lanjutnya lagi, dalam pemeriksaan tersebut penyakit yang dominan di derita masyarakat adalah hipertensi.  Selain itu juga banyak di antaranya yang usia lanjut juga rentan terserang kolesterol dan asam urat.

Untuk itu pihaknya mendorong agar masyarakat meningkatkan pola hidup sehat. "Olahraga ringan laei pagi 10 sampai 15 menit.  Diimbangi dengan makan yang teratur, mengurangi karbohidrat dan makanan berlemak," ujarnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement