Advertisement

Nelayan Bantul Mulai Panen Ikan

David Kurniawan
Sabtu, 06 Oktober 2018 - 12:10 WIB
Laila Rochmatin
Nelayan Bantul Mulai Panen Ikan Nelayan dan warga saat melaksanakan tradisi Pisungsung Jaladri di Pantai Samas. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL -- Setelah paceklik beberapa bulan, nelayan di Pantai Selatan Bantul mulai mendapatkan berkah karena tangkapan ikan yang semakin baik. Menurut nelayan hasil panen ikan bisa untuk menutupi kebutuhan selama masa paceklik.

Salah seorang nelayan di Pantai Depok, Kecamatan Kretek, Mistok mengatakan kondisi di laut sudah relatif normal sehingga nelayan dapat menangkap ikan. Sesuai kalender penangkapan, memasuki akhir tahun hasil tangkapan akan melimpah. Saat ini sudah mulai menunjukkan masa panen ikan.

Advertisement

“Sejak sepekan lalu menangkap ikan jadi lebih mudah. Seperti di tahun-tahun sebelumnya masa terbaik menangkap ikan akan terjadi hingga awal tahun nanti,” kata Mistok kepada Harian Jogja, Jumat (5/10/2018).

Menurut dia, membaiknya hasil tangkapan dapat dilihat dari ikan yang dibawa pulang para nelayan. Mistok mencontohkan pada saat menangkap ikan tiga hari yang lalu dia dapat membawa ikan seberat 110 kilogram untuk sekali melaut. “Kalau waktu normal bisa dapat 30 kilogram sudah baik,” katanya.

Jenis ikan yang ditangkap terdiri dari layur, kembung, kakap hingga berbagai jenis ikan lainnya. “Paling banyak layur, lainnya kembung, kakap hingga teri,” kata Mistok.

Untuk harga, Mistok mengakui relatif stabil. Layur di pasaran saat ini dijual Rp28.000 per kilogram. “Harapannya cuaca tetap baik sehingga hasil tangkapan juga semakin baik,” katanya lagi.
Mugari, nelayan lain di Pantai Samas mengatakan saat ini sudah memasuki masa panen dan ikan mudah didapat. “Ikan mulai banyak, tetapi tantangannya ombak dan embusan angin yang kencang,” katanya.

Mugari menuturkan dengan ikan yang semakin mudah didapat maka nelayan akan lebih bersemangat melaut.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV DIY yang membawahi Pantai Samas hingga Pantai Pandansimo, Nugroho menambahkan kondisi laut sudah bersahabat dan para nelayan bisa kembali melaut.
“Sudah pulih dan nelayan juga sudah mulai mencari ikan di laut dan hasilnya juga bagus,” katanya.

Nugroho meminta para nelayan tetap memperhatikan keselamatan. Salah satunya terus menggunakan pelampung saat beraktivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement