KOMODITAS PANGAN : Harga Daging Ayam Naik, Penjualan Stabil

Pedagang tengah memotong daging ayam di Pasar Beringharjo, Jogja, Selasa (12/1/2016).(Kusnul Isti Qomah/JIBI - Harian Jogja)
09 Mei 2017 11:22 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Komoditas pangan mulai naik menjelang ramadan.

Harianjogja.com, JOGJA -- Jelang puasa, fluktuasi harga komoditas bahan pangan di pasar tradisional mulai terasa. Kenaikan yang paling dirasakan pedagang adalah komoditas telur ayam broiler dan daging ayam potong.

Baca Juga : http://m.harianjogja.com/?p=815549">KOMODITAS PANGAN : Ramadan Kian Dekat, Harga Telur Mulai Naik
Kenaikan harga juga terjadi untuk komoditas daging ayam potong. Ayu, warga Cebongan, Sleman, yang berjualan di belakang Pasar Kranggan mengatakan, sudah empat hari ini harga daging ayam naik. Dari sebelumnya hanya Rp28.000 per kg, saat ini ia menjual Rp32.000 per kg.

Sama halnya dengan Muji, Ayu pun juga memprediksi harga daging ayam masih akan naik sampai puasa nanti. Berkaca dari tahun lalu yang sampai menyentuh Rp35.000 per kg, harga daging ayam saat ini pun masih akan berpeluang untuk naik. Meski harganya terus naik, penjualannya tetap stabil. Dalam sehari ia bisa menjual sampai 60 ekor ayam dengan pelanggan terbanyak adalah pengusaha kantin.

“Kalau sudah ada langganan begini enak. Meski harganya naik tetap ada yang beli,” tuturnya, Senin (8/5/2017).

Sementara itu, harga daging ayam di tempat pemotongan juga sudah tinggi. Tempat pemotongan ayam Alima di daerah Bimomartani, Ngemplak, Sleman sudah mulai memasang harga Rp28.000 per kg. Tren kenaikan seperti ini menurut Alima selalu terjadi setiap menjelang puasa.