Advertisement

Kulonprogo Surplus Ikan Air Tawar

Uli Febriarni
Minggu, 14 Mei 2017 - 09:19 WIB
Nina Atmasari
Kulonprogo Surplus Ikan Air Tawar Toto tengah menjaring ikan Nila dari kolam miliknya di Dusun Kabunan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Senin (22/6 - 2015). (Harian Jogja/Sunartono)

Advertisement

Kulonprogo sendiri sudah mampu mewujudkan swasembada ikan

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kabid Perikanan dan Budidaya, Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo Leo Handaka menyatakan pasar ikan di Kulonprogo masih terbuka.

Advertisement

Kulonprogo sendiri sudah mampu mewujudkan swasembada ikan. Dari produksi sekitar 13.000 ton pada 2016, ia sebut telah cukup memenuhi kebutuhan masyarakat yang hanya 6.000 ton.

Sisa surplus ikan selanjutnya dijual di sejumlah daerah, misalnya di Jogja, Kebumen dan Jawa Timur. Pihaknya menargetkan pada 2017 dapat mencapai 14.000 ton.

Ia menambahkan, program Bela Beli Kulonprogo, juga diarahkan dalam program dan pemasaran produk perikanan. Banyak produksi ikan dari Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) yang dijual di internal masyarakat Kualonprogo. Khususnya poduksi ikan lele.

Pembina Pokadakan Tirtonadi, Agus Supriyono mengatakan pokdakan Tirtonadi memiliki 12 anggota. Mereka mampu mengembangkan kolam ikan sejak satu tahun belakangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong.

Dana berasal dari bantuan pemerintah pusat sebesar Rp55 juta pada Desember 2016. Sebelum memutuskan beralih ke budidaya nila terpal, pihaknya pernah mencoba untuk membudidaya nila, namun kesulitan karena permintaan pasar yang begitu spesifik.

Selain itu, harga jual ikan nila juga lebih tinggi dibandingkan dengan ikan lele. Satu kilogramnya dijual di kisaran Rp20.000-Rp25.000. Terlebih selama ini permintaan pasar berkisar sekitar 20 Kilogram.

"Kendala kami, alat yang masih sederhana," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement