Advertisement

Laut Selatan Mengganas, Nelayan Baron Nekat Melaut

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 26 Januari 2018 - 09:40 WIB
Bhekti Suryani
Laut Selatan Mengganas, Nelayan Baron Nekat Melaut

Advertisement

Nelayan juga mengalami paceklik ikan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Nelayan Pantai Baron, di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul nekat melaut kendati cuaca ekstrem berupa angin kencang dan gelombang tinggi melanda Pantai Selatan.

Advertisement

Ketua kelompok Nelayan Sumadi mengatakan masih ada beberapa nelayan yang melaut. "Masih ada beberapa nelayan yang masih melaut sekitar 20an, walaupun ombak dan angin sedang tidak baik ini. Ya bagaimana lagi sudah pekerjaan sehari-hari dari pada menganggur," ujarnya, Kamis (25/1/2018).

Musim seperti ini sering disebut nelayan musim kedelapan. Saat musim kedelapan, angin sering tidak baik dan nelayan kesulitan jika berlayar ke tengah laut. Dia juga mengatakan di musim seperti ini tangkapan ikan juga cenderung sedikit. Hasil yang didapat menurutnya terkadang tidak sebanding dengan biaya bahan bakar yang dikeluarkan nelayan.

Salah seorang petugas Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Pantai Baron, Wasiman mengatakan ikan hasil dari nelayan berkurang cukup drastis. Kondisi tersebut sudah berlangsung hampir satu bulan. Dia mengatakan biasanya kondisi seperti ini terjadi pada Januari-Februari.

Kondisi cuaca seperti sekarang menurutnya berbahayasehingga banyak nelayan memilih tidak melaut. Kalaupun melaut tidak begitu jauh. "Bahaya juga jika musim seperti ini. Dulu pernah kejadian kecelakaan kapal nelayan juga beberapa tahun lalu, karena terlalu ke tengah melautnya. Beruntung bisa diselamtkan, karena ada kapal besar yang melintas," ujarnya.

Dalam kondisi cuaca seperti ini nelayan sekali melaut mungkin hanya mendapatkan sekitar tiga kilogram, terkadang malah tidak dapat sama sekali. Padahal jika cuaca sedang bersahabat, bisa membawa pulang puluhan kilogram ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim Konstitusi Arief Hidayat Tak Terbukti Melanggar Kode Etik

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement