Toko Modern Harus Bermanfaat untuk Masyarakat

02 Februari 2018 06:55 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Toko modern bisa jadi bapak asuh bagi toko kecil

Harianjogja.com, JOGJA-Anggota DPRD Kota Jogja Danang Rudiatmoko menilai keberadaan toko modern harus membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. Ia mengusulkan toko modern menjadi semacam bapak asuh bagi toko-toko kecil di sekitarnya.

Toko kecil bisa kulakan dari toko modern dengan harga lebih murah. "Barang yang dijual toko kecil ke masyarakat harganya sama dengan di toko modern berjejaring sehingga tidak ada yang dirugikan," kata Danang, Kamis (1/2/2018).

http://m.harianjogja.com/?p=890658">Baca juga : Soal Toko Modern, Pemkot Jogja Bisa Tiru Kulonprogo

Meski ada kerjasama toko modern berjejaring dengan sejumlah toko kecil, Danang tetap meminta ada regulasi pembatasan jumlah operasional toko modern berjejaring demi persaingan yang sehat. Kedua anggota Dewan ini sama-sama meminta Pemerintah Kota Jogja tegas dalam membatasi toko modern berjejaring.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja, Sri Harnanik mengatakan belum ada regulasi yang bisa mengakuisisi toko modern berjejaring dengan toko-toko kecil. "Kalau di Kulonprogo ada Perdanya, kami belum ada," kata dia.