Advertisement

Kecelakaan Tambang Pasir di Lereng Merapi Tewaskan 1 Orang

Hafit Yudi Suprobo
Rabu, 23 Januari 2019 - 19:37 WIB
Sunartono
Kecelakaan Tambang Pasir di Lereng Merapi Tewaskan 1 Orang Petugas melakukan pengecekan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan di area penambangan, Rabu (23/1/2019). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-- Kecelakaan tambang (laka tambang) terjadi di Dusun Balong Kaliwuluh, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman yang menewaskan satu orang, satu orang terluka, dan tiga lainnya selamat dari insiden longsoran pasir.

Korban tewas dalam peristiwa itu adalah, Mistam,43, warga Sontonayan, RT06/RW05, Kapencar, Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah. Sedangkan korban luka yaitu, Paeran Isnan,37, dari Gemawang, Pagerejo, Kertek, Wonosobo.

Advertisement

Peristiwa itu berawal saat korban bersama empat rekannya sesama penambang mengisi pasir pada sebuah truk bernopol AB 8962 YT sekitar pukul 07.00 WIB. Namun tiba-tiba tebing yang berada di sebelah barat lokasi tambang runtuh. Empat saksi lainnya berhasil menyelamatkan diri saat peristiwa itu terjadi. Akantetapi, korban terhalang truk pasir tersebut sehingga gagal menyelamatkan diri.

Salah satu saksi di tempat kejadian Tukijo mengatakan, korban yang meninggal tersebut sebenarnya hendak berlari menyelamatkan diri, namun terhalang truk tambang sehingga tidak bisa menyelamatkan diri. "Semua penambang posisinya di belakang truk. Kami langsung melakukan evakuasi yang berlangsung sekitar dua jam secara manual, korban selamat sempat tertimbun tapi tidak parah," kata Tukijo yang juga warga Dusun Balong Kaliwuluh, Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman ini, Rabu (23/1/2019).

Kapolsek Cangkringan Sleman AKP Sutarman menyatakan korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia setelah dilakukan evakuasi. Setelah mengevakuasi korban pihaknya memasang garis polisi di sekitar tempat kejadian perkara (TKP). "Korban ditemukan dalam keadaan meninggal di TKP, lalu kami bawa ke RS Bhayangkara untuk keperluan autopsi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

2 Pesawat Penerbangan Sipil Ini Langsung Putar Haluan Hindari Serangan Israel ke Iran

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement