Polres Kulonprogo Salurkan 64.000 Liter Air untuk Atasi Kekeringan

Jajaran Satlantas Polres Kulonprogo menyiapkan kiriman bantuan air bersih pada daerah yang kekurangan air pada Selasa (10/9/2019) di Mapolres Kulonprogo. - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan.
11 September 2019 09:17 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kulonprogo beri bantuan air bersih sebanyak 64.000 liter pada beberapa wilayah yang kekurangan air. Penyaluran air bersih merupakan bagian dari peringatan hari jadi Bhayangkara Lalu Lintas ke-64.

Kasatlantas Polres Kulonprogo, AKP Maryanto mengatakan, pada penyaluran pertama, bantuan air bersih disalurkan pada dua dusun yaitu Dusun Ngaglik, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo dan Dusun, Bulu, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo. "Penyaluran di Girimulyo sebanyak 33.000 liter, penyaluran kedua rencananya di Kecamatan Kokap sebanyak 31.000 liter," jelasnya pada Selasa (10/9/2019).

Ia mengatakan, pada penyaluran pertama, pihaknya mengerahkan enam truk dan tiga kendaraan double cabin. "Kami bantu air bersih sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kekeringan di Girimulyo dan beberapa wilayah lainnya," tutur Maryanto.

Selain itu, penyaluran bantuan air bersih dilakukan sebagai bagian dari peringatan hari jadi Bhayangkara Lalu Lintas ke-64 yang jatuh pada 22 September nanti. Ke depannya, bantuan diberikan untuk wilayah Kokap. Direncanakan Polres Kulonprogo akan mengerahkan tiga unit kendaraan ranger dan delapan truk.

"Harapannya, dengan diberikannya bantuan air bersih dari Satlantas Polres Kulonprogo ini bisa membantu meringankan beban masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih," kata Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, AKP Sujarwo pada Selasa.

Sebelumnya, bantuan air bersih juga diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat Kulonprogo melalui APBD Provinsi DIY maupun dari Corporate Social Responsibility (CSR). Selama Agustus lalu, dari APBD Provinsi total sudah diberikan 256 tangki dengan masing-masing tangki berkapasitas 5.000 liter pada masyarakat yang kekurangan air.