Advertisement

Gandeng Grab, Sultan Ingin Wujudkan Cyber Province

Sunartono
Sabtu, 14 Desember 2019 - 11:27 WIB
Nina Atmasari
 Gandeng Grab, Sultan Ingin Wujudkan Cyber Province Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi (kanan) berjabat tangan dengan Sri Sultan HB X dalam penandatanganan kerja sama di Pracimasono, Kompleks Kepatihan, Jumat (13/12). - Ist/Humas Pemda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Pemda DIY menandatangani kerja sama dengan perusahaan aplikasi terkemuka PT Grab Indonesia di Gedung Pracimasono, Kompleks Kepatihan, Jumat (13/12/2019). Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X kerja sama itu dijalin untuk mewujudkan DIY sebagai cyber province.

Sri Sultan HB X menjelaskan kerja sama yang ditandatangani dengan Grab sebagai bentuk pertukaran, di mana Pemda DIY harus berinvestasi di bidang infrastruktur IT, aplikasi dan penyedia sumber daya manusia, sebaliknya Grab juga berinvestasi di infrastruktur dan aplikasi. Ketika kerja sama itu sudah tersambung secara online, maka alat tersebut tidak hanya untuk hubungan dengan Grab saja tetapi bisa secara luas.

Advertisement

Secara bertahap, lanjut HB X, mau tidak mau, perlu investasi untuk pelaksanaan cyber province karena tuntutan perkembangan dan pertanggungjawaban pemda kepada publik.

”Sebetulnya kerjasama itu hanya salah satu kemungkinan, mengembangkan jaringan. Karena kita memerlukan jaringan tidak investasi sendiri, dengan jaringan itu diperlukan untuk kita bisa kompetitif. Tetapi jaringan itu memungkinkan, kita go international dengan jaringan itu bisa mengabarkan live untuk aktivitas budaya dan lainnya,” ungkapnya seusai penandatanganan, Jumat (13/12/2019).

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menyatakan kerja sama dengan Pemda DIY ini dalam rangka pengembangan provinsi cerdas berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang menghadirkan solusi guna meningkatkan pelayanan publik serta mendukung pembangunan berkelanjutan.

Antara lain program provinsi cerdas integrated mobility co-creation yaitu untuk pemanfaatan teknologi dan layanan aplikasi untuk memperluas layanan transportasi. Kemudian Sustainable Economy Co-Creation, pemanfaatan layanan aplikasi untuk pertumbuhan ekonomi, Efficiency Co-Creation untuk meningkatkan efisiensi operasional pelaksanaan tugas aparatur sipil negara (ASN).

“Selain itu ada social impact co-creation untuk bidang kesehatan dan pendidikan serta cultural and tourism co-creation untuk meningkatkan kesadaran atas budaya dan kemajuan pariwisata,” jelasnya.

Adapun kerja sama antara Grab dengan BPD DIY berupa pemberian layanan dan kemudahan akses perbankan serta produk bank BPD DIY kepada mitra pengemudi Grab di DIY serta peningkatkan literasi dan inklusi keuangan di wilayah DIY.

“Kami ingin memastikan semua orang apapun latar belakang kondisinya bisa memperoleh manfaat dari era ekonomi digital atau revolusi industri 4.0, semoga kerja sama ini dapat meningkatkan ketrampilan dan menyediakan kesempatan lebih banyak bagi masyarakat DIY dalam menyambut masa depan ekonomi digital,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Serangan Israel ke Iran, Harga Minyak Melonjak

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement