Wisatawan Membeludak, Wawali Ingatkan Pengaturan Kepadatan

Sejumlah wisatawan yang berada di Tamansari, Kecamatan Kraton, Jogja, Jumat (30/10/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
31 Oktober 2020 10:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Lonjakan wisatawan yang masuk ke Jogja saat long weekend tidak dipungkiri oleh Pemkot Jogja. Oleh karena itu, gugus tugas penanganan Covid-19 terus melakukan upaya pemantauan di sejumlah titik keramaian maupun di objek wisata.

Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi mengatakan selama liburan ini, pihaknya terus melakukan pemantauan pelaksanaan protokol pencegahan penularan Covid-19. Upaya tersebut dilakukan agar petugas maupun wisatawan mampu menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19.

"Memang selama liburan ini ada peningkatan dan ada kepadatan wisatawan yang cukup. Harapan kami, semua protokol pencegahan penularan Covid-19 tetap dijalankan. Dan saya yakin, semua punya komitmen untuk jalankan itu," ujar Heroe Poerwadi melalui keterangan tertulisnya pada, Jumat (30/10/2020).

Baca juga: Hendak ke Jogja, Seorang Perempuan Ketahuan Positif Covid-19

Akan tetapi, Heroe mengingatkan jika pengaturan kepadatan di setiap destinasi wisata perlu dilakukan. Pembatasan kepadatan sekitar 50 persen dari kapasitas destinasi wisata dilakukan agar tidak terjadi kerumunan di tiap-tiap destinasi wisata.

"Tetapi perlu saya terus ingatkan, bahwa perlu pengaturan kepadatan pada destinasi wisata. Yaitu dengan membuat kapasitas di dalam hanya sekitar 50% kapasitas. Atau berdasarkan hitungan, ditetapkan jumlah kapasitas setiap waktunya. Atau membuat antrean atau giliran yang menjaga jarak. Saya kira semua pelaku wisata sudah paham tentang hal itu," ungkapnya.

Baca juga: Banyak Wisatawan di Pantai Bantul Copot Masker, Bilang Anginnya Kenceng!

Hanya saja, lanjut Heroe, ketika ada pembatasan kapasitas di dalam area destinasi wisata, biasanya ada penumpukan pada antrean. Yaitu pengunjung yang berada di luar dan belum masuk. Maka, pihaknya meminta semua pengelola wisata juga membuat aturan tentang tata cara memgelola antrean tersebut.

"Termasuk di Tamansari, ketika kita review dahulu sudah menerapkan pembatasan kapasitas di dalam. Tetapi, waktu itu rekomendasi kita agar tata cara antrean ya dikelola agar tidak terjadi penumpukan. Saya harap selama liburan ini, Satgas Covid-19 Tamansari atau destinasi lainnya juga sudah menerapkan tata cara antrean tersebut," pungkas Heroe.