Advertisement

Ruang Isolasi Covid-19 Disiapkan di Barang Pengungsian Merapi

Hafit Yudi Suprobo
Jum'at, 13 November 2020 - 19:47 WIB
Sunartono
Ruang Isolasi Covid-19 Disiapkan di Barang Pengungsian Merapi Sejumlah lansia dari lereng Merapi duduk-duduk di lokasi pengungsian Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman pada hari Senin (9/11/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, CANGKRINGAN--Ruang isolasi bagi pengungsi yang diketahui reaktif Covid-19 sudah disiapkan oleh Pemerintah Kecamatan Cangkringan. Ruang isolasi mandiri disiapkan di SD Negeri Muhammadiyah Cepitsari, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman yang berada di dekat barak pengungsian.

Camat Cangkringan Suparmono mengatakan jika disediakannya ruang isolasi mandiri bagi pengungsi yang diketahui reaktif Covid-19 tersebut untuk menghindari terjadinya penularan Covid-19 di barak pengungsian.

Advertisement

BACA JUGA : BPPTKG Beberkan Perkiraan Panjang Luncuran Awan Panas

Upaya tersebut juga menyusul permintaan Gubernur DIY Sri Sultan HB X untuk segera disediakannya ruang isolasi khusus bagi pengungsi yang berada di barak pengungsian balai desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman.

"Kita kemarin sudah siapkan, jadi kalau ada pengungsi yang reaktif seperti itu, kita sudah punya tempat untuk karantina sampai hasil swab keluar," ujar Suparmono saat dikonfirmasi pada Jumat (13/11/2020).

Lebih lanjut, pihaknya menyediakan ruang isolasi mandiri di SD Negeri Muhammadiyah Cepitsari, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Selain menjadi barak, ruang lain yang berada di sekolah tersebut dijadikan ruang isolasi bagi pengungsi.

"Jadi, kita pinjam satu kelas di SD Muhammadiyah Cepitsari untuk ruang isolasi. Sudah disekat. Sekatnya juga lebih tinggi dari sekat yang ada di barak agar protokol pencegahan penularan Covid-19 lebih terjaga," katanya.

BACA JUGA : HARIAN JOGJA HARI INI: Kondisi Merapi Lampaui Erupsi 2006

Ruang isolasi sendiri terdiri dari empat partisi. Ia mengharapkan agar tidak ada pengungsi yang reaktif Covid-19. Ruang isolasi mandiri tersebut juga sudah bisa dioperasikan.

"Kami baru buat empat sekat. Harapan kita tidak banyak ya yang reaktif. 4-6 partisi sudah cukup lah. Sudah bisa dioperasikan. Itu [ruang isolasi] sudah siap dipakai," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement