305 Siswa Paket Belajar B di Bantul Ikut ASPD

Siswa mengikuti Asesmen Nasional (AN) di SMP 5 Jogja, Gondokusuman, Kota Jogja, Senin (5/4/2021). - ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
06 April 2021 02:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Kepala Seksi Kurikulum Bidang SMP Disdikpora Bantul Retno Yuli Astuti, mengatakan ada sebanyak 13.157 siswa di Bantul mengikuti Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) yang dimulai Senin (5/4/2021).

Mereka terdiri dari 12.852 siswa kelas sembilan baik SMP, MTS Negeri maupun swasta dan 305 siswa paket B. Untuk peserta paket B akan digelar di hari yang sama, dengan menumpang di SMP Formal terdekat.

"Adapun pelaksanaannya untuk paket B dilakukan di sesi ketiga,” kata Yuli.

Baca juga: Pemda DIY Akui Banyak Pelanggaran Selama PPKM

Menurut Retno, sejumlah persiapan telah digelar jelang pelaksanaan ASPD, di antaranya menggelar try out ASPD secara daring sejak 15 Februari lalu baik kepada MKKS, maupun Disdikpora.

Selain itu, ASPD juga akan menerapkan prosedur yang ketat, utamanya untuk penerapan protokol kesehatan saat ujian. Pelaksanaan ujian akan dibagi menjadi tiga sesi. Setiap sesi akan dibatasi jumlah peserta dan ada penerapan jaga jarak.

Untuk materi soal yang diujikan, Retno mengatakan ada Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam. Setiap mata pelajaran akan diujikan setiap hari dan dikerjakan menggunakan komputer.

Retno juga menyebut, peserta ASPD wajib menggunakan masker, dicek suhu tubuh dan mencuci tangan sebelum masuk ruangan.

"Selain itu, ada sterilisasi ruangan sebelum dipergunakan," ucap Retno.