Petugas Kebersihan di Pasar Rakyat Diberi Pelatihan

Ilustrasi pasar tradisional - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
06 Juni 2021 09:37 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Pemkab Bantul baru saja menggelar audiensi dengan Tim Stichting Nederlance Vrijwilligers (SNV) Netherland Development Organisation terkait Program Koalisi Perubahan Perilaku dan Kebersihan Tanggap Covid-19. Pasar rakyat jadi salah satu sasaran program satu ini.

Kepala Dinas Perdagangan Bantul, Sukrisna Dwi Susanta menuturkan salah satu bentuk kerja sama yang dilakukan adalah pengadaan wastafel dan pelatihan tenaga kebersihan di pasar.

BACA JUGA : Sampah di Malioboro Membludak, Petugas Kebersihan Harus

"Kunjungan tim sudah terlaksana kemarin. SNV sudah memberikan bantuan wastafel di tiga Pasar yaitu Pasar Niten, Pasar Bantul dan Pasar Piyungan. Masing-masing satu wastafel," tuturnya pada Jumat (4/6).

Pelatihan petugas kebersihan pasar rencananya akan digelar di beberapa pasar rakyat. Beberapa pasar yang mendapat pelatihan yakni Pasar Niten, Bantul, Pleret dan Pijenan. "Kita mengucapkan terima kasih telah dibantu sarana pencegahan Covid-19 berupa wastafel. Dengan bantuan itu pedagang dan pengunjung jadi steril atau bersih sehingga dapat menghindari penularan virus," katanya.

BACA JUGA : Petugas Kebersihan Jadi OTG, Puluhan Guru SMA 10 Jogja

"Pasar jadi sehat dan aman. Dengan pasar yang sehat berati dapat meningkatkan pengunjung atau pembeli. Pembeli yang banyak berarti ada peningkatan pendapatan pedagang nantinya," ujarnya.