Advertisement

Mahasiswa Ciptakan Stand Document Holder Ergonomis, Cocok untuk Pekerja Kantoran

Sunartono
Minggu, 29 Agustus 2021 - 09:37 WIB
Sunartono
Mahasiswa Ciptakan Stand Document Holder Ergonomis, Cocok untuk Pekerja Kantoran Desain stand document holder ergonomis. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Para pekerja kantoran yang biasa mengetik suatu naskah biasanya butuh alat bantu untuk penyangga dokumen fisik yang sedang diketik. Alat bantu ini sering disebut stand document holder. Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Program Magister FTI UII Rezki Amelia Aminuddin menciptakan alat ini lebih ergonomis dengan berbasis software sehingga bisa mengontrol penggantian setiap lembaran.

“Studi pendahuluan kami mengidentifikasi sebanyak 20 pekerja kantoran menemukan holder yang digunakan mudah rusak, 35 persen merasa bahwa holder yang ada kurang inovatif dan tidak efisien dalam mengganti setiap lembaran dokumen. Selain itu, 45 persen mengalami ketidaknyamanan saat menggunakan holder. Diindikasikan beberapa nyeri terjadi pada leher, bahu dan punggung,” katanya dalam rilis yang diterima, Sabtu (29/8/2021).

Advertisement

BACA JUGA : Mahasiswa Sajikan Inovasi Baru Mendeteksi E.coli

Ia menciptakan sebuah desain stand document holder merupakan penelitian pertama terkait document holder yang memiliki sistem elektromekanik sebagai penggerak utama dan mini software sistem pengontrolan untuk mengganti lembaran demi lembaran. Selain itu dapat digunakan untuk menyesuaikan posisi dokumen, sehingga dapat menjaga postur natural dari penggunanya.

Amelia menggunakan metode Rapid Office Strain Assessment untuk mengidentifikasi gejala musculoskeletal dan menghitung tingkat peningkatan efisiensi waktu kerja sebelum dan setelah menggunakan holder desain baru.

“Waktu penelitian, membuat desain butuh waktu sekitar tiga bulan, pembuatan prototipe dua bulan dan uji coba sekitar sebulan. Dari hasil uji coba tingkat peningkatan efisiensi waktu kerja untuk setiap pengguna setelah menggunakan desain baru adalah 23 persen. Sehingga cocok untuk pekerja kantoran untuk mengetik naskah,” ujarnya.

BACA JUGA : Lindungi Makanan Jogja, Mahasiswa UII Ciptakan Inovasi

Ketua Program Studi Teknik Industri Program Magister FTI UII Hartomo Soewardi menambahkan holder desain baru ini memberikan kesan positif pada pengguna, klasifikasi di atas rata-rata untuk skala pengukuran perspicuity, attractiveness, dan dependability. Holder jenis ini termasuk baru karena belum ada yang memiliki sistem elektromekanik dan pengontrolan melalui software.

“Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kebutuhan pengguna diperoleh empat atribut yang dibutuhkan dalam desain stand pemegang dokumen, yaitu desain tahan lama, desain menarik, desain yang dapat disesuaikan dan desain yang nyaman,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement