Advertisement

Tiga Guguran Lava Merapi Teramati Hari Ini

Lugas Subarkah
Senin, 04 Oktober 2021 - 20:07 WIB
Budi Cahyana
Tiga Guguran Lava Merapi Teramati Hari Ini Kabut tebal terlihat di puncak Gunung Merapi dari kawasan Klangon, Glagaharjo, Sleman, Kamis (23/9/2021). - Harian Jogja/Galih Eko Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Meski sudah lebih tenang dibandingkan beberapa bulan lalu, erupsi Gunung Merapi masih terus terjadi. Pada Sennin (4/10/2021), pada periode pengamatan pukul 00.00 WIB-12.00 WIB, teramati sejumlah guguran lava dan aktivitas kegempaan.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, menjelaskan pada periode pengamatan tersebut terjadi tiga kali guguran lava. “Dengan jarak luncur maksimal 1 kilometer (km) ke arah barat daya,” ujarnya.

Advertisement

BACA JUGA: Pembuat Kartun Nabi Muhamad Tewas dalam Tabrakan

Secara visual, Gunung Merapi terlihat jelas dengan kabut. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dengan ketinggian maksimal mencapai 100 meter di atas puncak kawah.

Di sekitar gunung cuaca teramati berawan dan mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat. suhu udara berkisar 14-21 derajat celcius, kelembaban udara berkisar 78-93% dan tekanan udara berkisar 654-719 mmHg.

Pada aktivitas kegempaan, terjadi 79 gempa guguran, 10 gempa hembusan, satu gempa low frekuensi dan 73 gempa fase banyak. Dengan tingkat aktivitas ini, maka status Gunung Merapi sampai saat ini masih Siaga.

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro dan sejauh 5 km ke arah Sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Kali Putih.

Lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak. Masyarakat diimbau agar tidak melakukan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Google Kembali Pecat Karyawan yang Protes Proyek Kerja Sama dengan Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement