Ngeri! Mobil Penuh Penumpang Terbakar di Patuk

Petugas kepolisian saat mengecek kebakaran mobil yang terjadi di ruas jalan Jogja-Wonosari di Kalurahan Putat, Patuk. Selasa (23/11/2021) - Istimewa: Polsek Patuk
24 November 2021 01:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Satu unit mobil penuh penumpang terbakar di Jalan Jogja-Wonosari tepatnya di Dusun Putat, Putat, Patuk terbakar, Selasa (23/11/2021) siang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai Rp25 juta.

Kanit Kecelakaan Lalu Lintas, Polsek Patuk, Iptu Kusnan Priyono mengatakan, kebakaran terjadi saat mobil dengan nomor AB 1418 TA yang dikendarai Ari Kusnanta melaju dari arah Kota Joga menuju Kapanewon Semin. Namun demikian, setibanya di Dusun Putat, tiba-tiba mobil yang mengangkut delapan penumpang ini mengeluarkan asap dari dashboard. Sopir pun menghentikan kendaraan, lantas minta seluruh penumpan turun.

“Tercium bau terbakar dan bagian dashboard sempat keluar api. Namun, kobaran tidak sampai membakar seluruh mobil dan penumpang berhasil selamat,” kata Kusnan kepada wartawan, Selasa.

Ia menduga kebakaran terjadi karena adanya hubungan arus pendek listrik dari dalam mobil. Meski tidak ada korban, namun kerugian mencapai sekitar Rp25 juta karena kerusakan bagian dashboard dan juga sebagian mesin. “Untuk pemadaman juga melibatkan dari regu pemadam kebakaran. Api pun cepat dijinakkan sehingga tidak merembet ke badan mobil,” katanya.

Kusnan berharap kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati. Upaya pengecekan rutin dilakukan agar tidak menimbulkan masalah serta kerugian material. “Harus dicek dan yang tak kalah penting terus mematuhi rambu-rambu lalu lintas untuk menfhindari terjadinya laka lantas,” imbuh Kusnan.

Kepada wartawan, Ari mengakui kaget serta tidak mengira mobil yang dikendarai tiba-tiba terbakar. Dia hanya tahu pada saat berjalan tercium bau dan muncul kepulan asap dari dashboard depan. “Begitu ada kepulan langsung semua turun menyelamatkan diri. Memang ada kerusakan, tapi seluruh penumpang selamat,” katanya.