Advertisement

Ngabekten Kraton Kembali Digelar Tanpa Cium Lutut Sultan

Ujang Hasanudin
Selasa, 03 Mei 2022 - 13:07 WIB
Sugeng Pranyoto
Ngabekten Kraton Kembali Digelar Tanpa Cium Lutut Sultan Kraton Jogja. - Harian Jogja - Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat kembali menggelar ngabekten atau tradisi sungkeman dalam momen Idulfitri 1443 Hijriah ini. Ngabekten baru kali ini Kembali digelar setelah dua tahun tidak digelar karena pandemi Covid-19.

Acara ngabekten digelar dalam dua tahap yakni Ngabekten Kakung atau khusus laki-laki dan Ngabekten putri atau khusus perempuan perempuan selama dua hari. Mantu Dalem, Kanjeng Pangerah Haryo (KPH) Purbodiningrat mengatakan Ngabekten Kakung akan diikuti bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota, para Kanjeng dengan jumlah total 80 orang.

Termasuk juga para Penghageng, Wakil Penghageng, Carik (Sekretaris), dan Hartakan (bendahara) dari masing-masing tepas sebanyak lima orang perwakilan, serta beberapa perwakilan Sentana (kerabat) Kakung.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Untuk Ngabekten Kakung digelar pada hari ini [Selasa 3/5] setelah pembagian uba rampe gunungan hingga sore hari. Sementara, Ngabekten Putri akan dilaksanakan Rabu dari pagi hingga siang hari,” kata Purbodiningrat, saat ditemui seusai pembagian uba rampe kepada abdi dalem, di kompleks Keben, Kraton, Selasa (3/5/2022). 

Namun demikian, pelaksanan ngabekten dilakukan sangat terbatas dengan masih menjaga jarak satu sama lain karena masih dalam kondisi pandemi. Bahkan saat sungkem dengan ngaras jengku atau mencium lutut Sri Sultan HB X sebagai bentuk tanda bakti dan penghormatan ditiadakan.

“Karena jarak sungkem satu meter yang sungkem dengan Ngarso Dalem hanya lampah dodok berjarak satu meter memberikan tanda sembah bakti [di hadapan Ngarso Dalem],” katanya.

Sebelum sungkem, kata KPH Purbodiningrat, semuanya wajib mentaati protokol kesehatan seperti mengenakan masker, mencuci tangan, dan semua yang akan sungkem harus melewati tes antigen yang sudah disiapkan.

 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Geledah Kantor MA, KPK Amankan Sejumlah Bukti Suap Hakim Agung

News
| Minggu, 25 September 2022, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement